Republika Online
Updated: Tue, 30 Apr 2013 03:41:00 GMT

Rusia-Jepang Siap Rundingkan Lagi Sengketa Kepulauan



Rusia-Jepang Siap Rundingkan Lagi Sengketa Kepulauan

Rusia-Jepang Siap Rundingkan Lagi Sengketa Kepulauan

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (29/4) bertekad memperbarui upaya untuk menemukan penyelesaian sengketa kewilayahan antara kedua negara.

Seperti dilaporkan AFP, Senin (29/4), sengketa tersebut sudah berlangsung selama beberapa dekade dan menghalangi kedua negara untuk menandatangani traktat perdamaian Perang Dunia II.

Setelah beberapa jam melakukan pembicaraan di Kremlin, Abe dan Putin sepakat memerintahkan menteri luar negeri masing-masing untuk membuka kembali pembicaraan guna menemukan butir-butir penyelesaian yang bisa diajukan kepada pemimpin kedua negara.

Di Moskow, Abe melakukan kunjungan resmi tingkat tinggi pertama kali oleh perdana menteri Jepang dalam satu dekade terakhir ini.

Ia memuji kesepakatan itu sebagai sebuah "hasil yang sangat baik" dan mengatakan dirinya telah berhasil membangun hubungan kuat dengan Putin.

Menurut deklarasi bersama yang dicapai di Kremlin, kedua pemimpin sepakat bahwa belum ditandatanganinya traktat oleh kedua negara dalam 67 tahun setelah berahirnya Perang Dunia II merupakan sesuatu yang "tidak normal".

Mereka menyatakan tekad untuk menyelesaikan "perbedaan-perbedaan yang ada" terkait sengketa kepulauan melalui perundingan, namun, tidak ada petunjuk konkrit tentang penyelesaian apa yang bisa mengakhiri kebuntuan bertahun-tahun itu.

Sengketa antara kedua negara meliputi empat pulau di kepulauan Kuril -- dikenal di Jepang sebagai Northern Territories -- yang dikuasai Moskow sejak berakhirnya Perang Dunia II namun masih diklaim oleh Tokyo.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    20 %
    Setuju
    276 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    1.094 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    43 respon

Total Respon: 1.413
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft