Republika Online
Updated: Sat, 13 Oct 2012 22:11:00 GMT

Rusia Geram Turki Cegat Pesawat Suriah



Rusia Geram Turki Cegat Pesawat Suriah

Rusia Geram Turki Cegat Pesawat Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jet tempur F16 milik angkatan udara Turki menggiring pesawat sipil Suriah, dan memaksanya mendarat di Bandara Internasional Esenboga, di Ankara.

Pesawat jenis Airbush A320 itu, berangkat dari Bandara Internasional Vnukova, Moskow, dengan tujuan Suriah. Pesawat bermanisfes 35 penumpang itu dicegat dua jet tempur saat berada di kawasan Laut Hitam.

Turki mencurigai pesawat itu membawa persenjataan berat dan perlengkapan perang untuk loyalis Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Aksi tersebut menyudutkan Rusia, sehingga membuat ketegangan baru antara Ankara dan negara sekutu Presiden Assad tersebut. (baca: AS: Rusia Alami Kebangkrutan Moral).

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan tidak ada yang terlarang dalam pesawat itu. Kata dia, kargo tersebut hanya berisikan perlengkapan elektronik untuk radar.

Lavrov menyebut, pengiriman peralatan tersebut tidak bertentangan dengan hukum internasional. Karena insiden itu, pihaknya akan menuntut penjelasan dan meminta Turki mengembalikan peralatan tersebut.

"Kami tidak mempunyai rahasia. Tentu saja tidak ada senjata dalam kargo tersebut,'' terang Lavrov.

BBC News melakorpam Sekjen PBB, Ban Ki-moon meminta agar utusan PBB dan Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahmini mengunjungi Turki disela-sela perjumpaannya dengan pemimpin Liga Arab. Ban meminta agar Brahmini membicarakan persoalan baru diperbatasan Turki-Suriah.

Brahmini rencananya akan bertemu Menlu Turki di Ankara hari ini, Sabtu (13/10). Pertemuan itu untuk mendengarkan perspektif baru guna menghentikan ketegangan kedua negara.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.346 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.091 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    316 respon

Total Respon: 7.753
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft