Republika Online
Updated: Thu, 04 Apr 2013 16:45:27 GMT

Ribuan Warga Eropa Terlibat Perang Suriah



Ribuan Warga Eropa Terlibat Perang Suriah

Ribuan Warga Eropa Terlibat Perang Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keterlibatan kelompok militan asing dalam konflik di Suriah terbukti keberadaannya. Tercatat lebih dari 5.000 orang warga asing berada di garis depan perlawanan terhadap rezim Presiden bashar al-Assad di Damaskus.

Sebuah laporan dikeluarkan oleh Lembaga Penelitian King College di London Inggris terkait adanya kelompok bersenjata asing di Suriah. Dikatakan jumlah militan asing kebanyakan dari Eropa.

Laporan yang dipublikasikan oleh Guardian itu menyatakan kelompok militan tersebut berasal dari 14 negara di benua Biru. Kelompok militan yang berasal Austria, Spanyol, Swedia, Jerman, dan Inggris ini memanggul senjata membantu pemberontak sejak gunjang-ganjing mulai terasa di Damaskus pada 2011 lalu.

''Kontingen terbesar berasal dari Inggris dengan 28 sampai 134 personel,'' tulis laporan yang dirilis pada Kamis (4/4).

Menurut peneliti utama dari Pusat Studi Internasional untuk Radikalisasi (ICSR), King College, Peter Neumann, kontingen asing berjumlah antara 2.000-5.500 personel bersenjata. Kata dia, tidak semua milisi perlawanan asli warga Suriah.

Selain kelompok militan dari negara inti Uni Eropa, Neumann mencatat 200 tentara lainnya diidentifikasi merupakan warga negara Belgia, Belanda, dan Irlandia. Banyak dari mereka adalah mewakili individu. Neumann juga memberikan rentang keterlibatan warga Prancis dan Belgia.

''Data ini adalah hasil dari kompilasi penelitian. Kita mengatakan ratusan bahkan ribuan warga Eropa ikut perang di Suriah,'' ujar Neumann.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.693 respon
  2. 66 %
    Tidak
    4.457 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    631 respon

Total Respon: 6.781
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft