Republika Online
Updated: Sun, 25 Aug 2013 13:52:19 GMT

Rakyat Amerika Tolak Intervensi ke Suriah



Rakyat Amerika Tolak Intervensi ke Suriah

Rakyat Amerika Tolak Intervensi ke Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mayoritas rakyat Amerika Serikat menolak rencana intervensi ke perang sipil Suriah. Kebanyakan rakyat Negeri Paman Sam yakin sepatutnya AS menghindari perang tersebut.

Misalnya Pemerintah Suriah benar-benar menyerang rakyatnya dengan senjata kimia. Keyakinan itu berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan Ipsos/Reuters. Berdasarkan hasil jajak pendapat, 60 persen rakyat Negeri Koboi itu tak setuju rencana intervensi militer AS. Bahkan, yang setuju Pemerintahan Obama melakukan intervensi hanya sembilan persen.

Memang, sebagian rakyat lainnya akan mendukung rencana itu jika Pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia. Namun, angka itu mulai menurun meski tayangan televisi dan internet memperlihatkan ratusan rakyat Suriah yang tewas. AS meyakini Pemerintah Suriah selama ini menggunakan gas sarin untuk membunuh rakyat mereka sendiri.

Tetapi, gambar dan video yang disuguhkan media, hanya 25 persen rakyat AS yang mendukung Pemerintah Obama menyerang Suriah yang dipimpin Bashar al Assad, jika benar-benar menggunakan senjata kimia. Sementara 46 persen lainnya menolak hal itu.

Padahal, pada 13 Agustus, berdasarkan polling yang sama, 30,2 persen rakyat AS mendukung intervensi, dan yang menolak 41,6 persen. Itupun jika pemerintah Bashar al Assad menggunakan senjata kimia.

Dari hasil jajak pendapat ini, menjelaskan bahwa rakyat Amerika Serikat berharap pemerintah mereka tak ikut campur perang itu. Walaupun disatu sisi mereka tahu, kemungkinan militer Suriah menggunakan senjata kimia.

Polling yang digelar Reuters/Ipsos secara simultan dari Juni 2013, terkait penggunaan senjata kimia, ini juga mempertanyakan apakah pemerintahan Obama akan menggelar aksi militer. Meskipun rakyat mereka menolak langkah itu setelah sepuluh tahun mengirim pasukan ke Afghanistan dan Irak.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.359 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.298 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    474 respon

Total Respon: 7.131
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft