Republika Online
Updated: Thu, 06 Jun 2013 04:17:00 GMT

PM Turki: Assad Lebih Kejam daripada Ayahnya



PM Turki: Assad Lebih Kejam daripada Ayahnya

PM Turki: Assad Lebih Kejam daripada Ayahnya

REPUBLIKA.CO.ID, TURKI---Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menghadapi protes rakyat yang belum pernah terjadi sebelumnya di dalam negeri menuduh Presiden Suriah Bashar al-Assad telah melakukan kekejaman lebih buruk daripada yang dituduhkan pada ayahnya.

"Bashar telah melampaui ayahnya dalam kejahatan dan pembantaian, dan tidak mungkin untuk memaafkan itu. Dia akan harus membayar harga cepat atau lambat," kata Erdogan dalam pidatonya kepada parlemen di Aljazair, yang ia kunjungi dalam tur empat harinya di Afrika Utara.

Rezim mendiang ayah Bashar dan pendahulunya Hafez al-Assad menumpas pemberontakan Ikhwanul Muslimin di pusat kota Hama pada tahun 1982, menewaskan antara 10.000 dan 40.000 orang.

Perang sipil 26 bulan yang sekarang berkecamuk di Suriah, dimulai setelah pemberontakan populer ditekan secara brutal, dan telah menelan korban lebih dari 94.000 jiwa, menurut satu kelompok pemantau.

Erdogan, mantan sekutu Damaskus yang telah menjadi salah satu pengecam yang paling sengit Bashar, menggarisbawahi bahwa 300.000 warga Suriah yang melarikan diri dari konflik berlindung di Turki, tetangganya. "Kami mendukung tuntutan mereka (rakyat Suriah) yang bercita-cita demokrasi," katanya.

Erdogan, yang tiba di Aljazair pada Selasa, tidak menyebutkan peristiwa di Turki selama pidatonya, yang diboikot oleh Partai Buruh. "Kami memboikot dalam solidaritas dengan orang-orang Turki dan mengutuk posisi Turki dalam apa yang disebut Musim Semi Arab," ketua kelompok itu Djelloul Djoudi kepada AFP.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.142 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.243 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.838
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft