Republika Online
Updated: Sun, 02 Jun 2013 15:29:28 GMT

PBB dan Palang Merah Minta Akses ke Qusair Dibuka



PBB dan Palang Merah Minta Akses ke Qusair Dibuka

PBB dan Palang Merah Minta Akses ke Qusair Dibuka

REPUBLIKA.CO.ID,DAMASKUS -- Situasi di Suriah semakin memburuk. Ribuan warga sipil diperkirakan terjebak di Qusair, kota yang berada tidak jauh dengan perbatasan Libanon.
Pihak Palang Merah Internasional meminta supaya akses ke Qusair dibuka. Hal ini dikarenakan sejak pertempuran kubu pemberontak dengan pemerintah Suriah telah membuat pasokan obat, makanan dan air menjadi langka.

Seperti dikutip BBC, ada sekitar 30 ribu warga sipil yang masih berada di kota Qusair. Kawasan Qusair yang dikuasai oleh kelompok pemberontak saat ini telah dikepung oleh pasukan pemerintah Suriah dan Hizbullah. "Warga sipil dan mereka yang mengalami luka adalah kelompok paling beresiko jika pertempuran terus berlanjut," ujar Ketua Operasi ICRC di Suriah, Robert Mardini.

Kantor Sekjen PBB juga telah meminta kepada dua kelompok yang bertikai untuk mengizinkan warga sipil di kota itu keluar.

Wartawan BBC di Jenewa, Imogen Foulkes mengatakan adanya fakta yang bahwa ICRC dan PBB mengeluarkan pernyataan soal kondisi Qusair dalam waktu yang sama menunjukan betapa putus asanya kedua lembaga itu terhadap situasi yang terjadi saat ini.

Namun pernyataan bahwa Qusair berada dalam kondisi gawat dimentahkan oleh Rusia. Mereka mengkritisi sikap PBB yang tidak bersuara saat Qusair dikuasai oleh pemberontak.

Qusair merupakan kota yang terletak sekitar 10 km dari perbatasan Libanon dan merupakan salah satu lokasi kunci dalam jalur penyaluran logistik maupun penyelundupan senjata ke Suriah. Kota ini juga terletak dekat dengan jalan utama yang menghubungan kota Homs dengan Damaskus.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    685 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    2.874 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    154 respon

Total Respon: 3.713
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft