Republika Online
Updated: Tue, 19 Mar 2013 09:44:48 GMT

Paus Fransiskus Pilih Pelantikan Sederhana



Paus Fransiskus Pilih Pelantikan Sederhana

Paus Fransiskus Pilih Pelantikan Sederhana

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN -- Paus Fransiskus telah membangkitkan antusiasme dan minat dunia Katolik karena cara pelantikannya yang sederhana. Sebelum ini pelantikan Paus diselenggarakan dengan bergaya monarki era Renaisans. Lengkap sandangan berbagai gelar.

Namun pada enam hari pertama sejak terpilih, Fransiskus mendaulat dirinya hanya sebagai Uskup Roma. Dia pun berencana mengurangi sentralisme Vatikan dan mengelola gereja atas dasar konsultasi dengan para uskup lainnya. Para pengamat Vatikan memperkirakan dia akan mengirim isyarat perubahan lebih jauh dengan menyelenggarakan liturgi lebih sederhana ketimbang yang dilakukan Benediktus yang lebih memilih gaya Barok abad 17.

Acaranya juga dipersingkat menjadi dua jam. Padahal pada 2005 ketika Benediktus memulai tugas kepausan seremoni itu berlangsung selama tiga jam. Fransiskus akan memulai seremoni dengan mengelilingi Lapangan Basilika Santo Petrus untuk menyambut orang yang hadir. Lalu dia akan menerima kunjungan para pemimpin politik di dalam basilika setelah Misa pelantikan.

Juru bicara Vatikan seperti dikutip Reuters mengatakan, Rabu (20/3), Fransiskus akan menerima lebih dari 30 delegasi perwakilan gereja-gereja Kristen dan lintas agama. Termasuk Yahudi, Islam, Budha, dan Sikh. Lalu Jumat (22/3) dia akan menerima para duta besar asing untuk Vatikan. Esoknya dia mengadakan santap siang bersama dengan Benediktus sebelum menggelar selebrasi Minggu Palma esoknya yang merupakan hari pertama dari Pekan Suci menjelang Paskah.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    653 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.700 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    141 respon

Total Respon: 3.494
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft