Republika Online
Updated: Wed, 27 Feb 2013 10:34:52 GMT

Paus Benediktus XVI Pidato Pamungkas Hari Ini



Paus Benediktus XVI Pidato Pamungkas Hari Ini

Paus Benediktus XVI Pidato Pamungkas Hari Ini

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN – Paus Benediktus XVI hari ini bakal muncul di tengah publik untuk terakhir kalinya pada Rabu (27/2) petang. Pidato pamungkas bakal disampaikan sebelum resmi undur diri melayani sekitar 1,2 juta umat Katolik pada Kamis (28/2) besok.

Seperti dikutip dari The Washington Post, para petugas bersiap jelang penyampaian pidato umum sang Paus. Sekitar 50 ribu kursi telah dipesan sehari sebelumnya bagi umat yang ingin melihat langsung penampilan pria berusia 85 tahun ini untuk terakhir kalinya.

Ribuan jemaat Katolik diprediksi bakal hadir nanti di Lapangan St Peter’s. Peristiwa ini terbilang langka sejak 600 ratus tahun belakangan. Lantaran para Paus biasanya mengabdi hingga akhir hayatnya.

Pembahasan hangat selanjutnya terkait pengganti Benediktus yang bakal dipilih dalam sebuah forum konklaf. Yakni pertemuan 117 kardinal dari seluruh dunia untuk memberikan suara pada calon Paus selanjutnya.

Ritual ini cukup unik karena para kardinal ditempatkan dalam sebuah kapel tertutup. Umat memantau dari cerobong asap yang berada di atas atap kapel. Jika warna asap hitam pertanda mereka belum menemui kesepakatan tentang Paus yang baru. Sebaliknya, jika warna putih yang terlihat berarti Paus baru bakal ditetapkan sebelum 31 Maret mendatang.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.340 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.371 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    911 respon

Total Respon: 9.622
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft