Republika Online
Updated: Fri, 18 Jan 2013 07:04:25 GMT

Operasi Pembebasan Sandera Tewaskan Anggota 'Batalyon Darah'



Operasi Pembebasan Sandera Tewaskan Anggota 'Batalyon Darah'

Operasi Pembebasan Sandera Tewaskan Anggota 'Batalyon Darah'

REPUBLIKA.CO.ID, ALJIR -- Delapan penculik dan enam sanderanya tewas ketika pasukan Aljazair mencoba membebaskan para sandera pada Kamis. Pasukan menembaki para penyandera bersenjata yang terkepung di ladang gas di gurun terpencil negara itu. Demikian kata satu sumber setempat kepada Reuters.

Kantor Berita Mauritania, ANI, melakukan kontak terus-menerus dengan penculik. ANI menyebutkan tujuh sandera masih ditahan. Mereka yakni dua warga AS, tiga Belgia, satu Jepang dan satu Inggris.

Ketegangan mulai terjadi ketika kelompok orang bersenjata menyerbu ladang gas pada Rabu pagi. Mereka menuntut penghentian operasi militer Prancis di negara tetangga Mali. Penyerangan itu berkembang menjadi krisis penyanderaan internasional terbesar dalam beberapa dasawarsa ini.

Satu sumber militer Aljazair mengatakan 25 sandera asing berhasil menyelamatkan diri. Sumber lokal di kota itu juga mengatakan 180 sandera Aljazair juga berhasil melarikan diri.

Inggris dan Norwegia, yang perusahaan-perusahaan minyaknya BP dan Statoil mengelola ladang gas bersama perusahaan minyak Aljazair, mengatakan mereka telah diberi tahu oleh pemerintah Aljir bahwa operasi militer dilakukan.

Kelompok yang menamakan diri "Batalyon Darah" sebelumnya menyatakan bahwa mereka menahan 41 warga asing yang mencakup orang AS, Jepang dan Eropa. Mereka menyanderanya setelah menyerbu ladang gas dan barak pegawai menjelang fajar Rabu.

Penyerang menuntut diakhirinya operasi militer Prancis di Mali. Operasi dimana ratusan prajurit dan marinir Prancis meluncurkan ofensif darat sepekan setelah operasi serangan udara terhadap militan negara itu.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.372 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.451 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    923 respon

Total Respon: 9.746
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft