Republika Online
Updated: Thu, 21 Mar 2013 13:03:01 GMT

Myanmar Rusuh, Dua Masjid Dibakar Massa



Myanmar Rusuh, Dua Masjid Dibakar Massa

Myanmar Rusuh, Dua Masjid Dibakar Massa

REPUBLIKA.CO.ID, MEIKTILA -- Aksi kekerasan berbau sektarian kembali terjadi di Myanmar. Sekelompok massa turun ke jalan membakar masjid.

Dua orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut. Satu di antaranya seorang biksu dan seorang lagi dirahasiakan identitasnya. Enam warga lainnya dilaporkan mengalami luka bakar serius dalam insiden tersebut.

"Orang-orang itu mencoba membakar masjid," kata seorang perwira polisi kepada AFP, Rabu (20/3), dan dilansir kanal berita Aljazirah, Kamis (21/3).

Ini adalah kali pertama masjid di Myanmar dibakar, pascakerusuhan komunal sepajanjang tahun lalu. Sumber AFP menyebut, peristiwa itu bermula saat sekira 200 orang berkumpul di sebuah toko emas di Kota Meiktila yang dimiliki umat Muslim, Rabu (20/3) waktu setempat.

Tidak dijelaskan persoalan apa yang mengakari keramaian itu, tetapi percekcokan sempat terjadi sebelum akhirnya massa turun ke jalan-jalan utama kota, dan melempari toko-toko di sekitar kota.

Beberapa bangunan hancur, sedangkan tiga masjid terbakar akibat aksi itu. Aljazirah melaporkan situasi mencekam memaksa militer turun tangan. Akibatnya, militer memberlakukan jam malam.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    234 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    949 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    41 respon

Total Respon: 1.224
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft