Republika Online
Updated: Thu, 04 Apr 2013 05:27:40 GMT

Mau Uang 5 Juta Dolar? Lakukan Ini Dulu



Mau Uang 5 Juta Dolar? Lakukan Ini Dulu

Mau Uang 5 Juta Dolar? Lakukan Ini Dulu

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON---Amerika Serikat pada Rabu menawarkan imbalan senilai 5 juta dolar AS (Rp 48,75 miliar) bagi siapapun yang berhasil menangkap panglima kelompok pemberontak Uganda Lord's Resistance Army, Joseph Kony, salah satu orang yang paling dicari-cari di dunia.

AS juga menyiapkan imbalan bagi mereka yang berhasil menangkap tiga pemberontak lainnya. Kony sudah sejak lama melarikan diri ke hutan-hutan di Africa tengah, namun kelompok pemberontak yang dipimpinnya, LRA, telah melakukan perlawanan sengit serta melakukan mutilasi dan penculikan terhadap anak-anak selama dua dekade di berbagai wilayah di empat negara.

Pengadilan Kejahatan Internasional telah mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Kony serta para pemimpin tinggi LRA lainnya atas tuduhan melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Nama Kony masuk dalam daftar imbalan AS dengan harapan pemimpin pemberontak Uganda itu dapat diseret ke pengadilan.

Selain Kony, daftar itu juga memasukkan nama para anggota LRA lainnya, yaitu Okot Odhiambo dan Dominic Ongwen, serta Sylvestre Mudacumura dari Democratic Forces for the Liberation of Rwanda (FDLR). LRA adalah "salah satu kelompok bersenjata paling brutal di dunia," kata Duta Global Criminal Justice Stephen Rapp kepada para wartawan.

"Hari ini kita melakukan tindakan sehingga keadilan bisa diberikan kepada para laki-laki, perempuan dan anak-anak tidak bersalah, yang menjadi sasaran pembunuhan massal, amputasi, perbudakan dan berbagai kekejaman lainnya," ujarnya. "Pertanggungjawaban merupakan pilar kunci bagi prakarsa Amerika Serikat dalam hal pencegahan kekejaman," kata Rapp.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.381 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.304 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    475 respon

Total Respon: 7.160
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft