Republika Online
Updated: Wed, 06 Feb 2013 12:33:05 GMT

Langgar Kebijakan Satu Anak, Bayi di Cina Dibunuh



Langgar Kebijakan Satu Anak, Bayi di Cina Dibunuh

Langgar Kebijakan Satu Anak, Bayi di Cina Dibunuh

REPUBLIKA.CO.ID, ZHEJIANG -- Bayi berusia 13 bulan di Cina dilindas mobil milik pejabat hingga tewas lantaran orang tuanya melanggar kebijakan satu anak. Pejabat kantor pengendalian kelahiran Riu'an di dekat Wenzhou, Provinsi Zhejiang mendenda orang tuanya karena pelanggaran aturan tersebut.

Guardian menulis ayah bayi, Chen Liandi (39 tahun) dihalangi tim tersebut untuk menjaga bayinya. Sementara sang istri setuju untuk diajak pergi sehingga mereka bisa membunuh sang bayi.

Sampai saat ini, polisi setempat tengah menyelidiki kasus tersebut. Menurut laporan, bayi itu sebelumnya berada di pelukan ayahnya.

Namun, kemudian ditemukan tewas terlindas setelah pejabat tersebut menjalankan kendaraannya. Para pejabat itu sempat membawa sang bayi ke rumah sakit. Namun, nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Kebijakan satu anak terus memicu kontroversi dan kemarahan publik. Cina bahkan sudah didesak untuk mengakhiri kebijakan satu anak dalam beberapa tahun terakhir. Ini karena kekhawatiran penduduk Cina yang sudah didominasi orang tua.

Tahun lalu, publik Cina marah setelah ada foto yang menggambarkan seorang wanita berbaring di samping janinnya setelah aborsi paksa. Pada 2011, kerabat dari seorang ibu berusia 37 tahun yang memiliki dua anak mengatakan saudaranya meninggal di meja operasi karena dipaksa mengaborsi janin berusia enam bulan.

Cina membatasi pasangan di perkotaan untuk memiliki anak lebih dari satu. Namun, rumah tangga pedesaan diperbolehkan memiliki dua jika anak pertamanya perempuan. Kebijakan itu mengecualian sejumlah etnis minoritas.

1Komentar
6 Feb, 2013 16:14
avatar
astaghfirullah,sungguh biadab.
bagaimanapun tidak ada kelahiran sia-sia di muka bumi. bukan hak mereka membunuh nyawa tak berdosa. 
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    822 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.535 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    184 respon

Total Respon: 4.541
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft