Republika Online
Updated: Sat, 30 Mar 2013 07:15:50 GMT

Korea Utara Nyatakan Perang



Korea Utara Nyatakan Perang

Korea Utara Nyatakan Perang

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Korea Utara akhirnya resmi menyatakan perang. Seperti dilansir Reuters Sabtu (30/3), negara yang dipimipin Kim Jong-un itu telah menyatakan akan berperang melawan negara tetangganya, Korea Selatan.

"Mulai saat ini, hubungan (Korea) Utara dengan (Korea) Selatan memasuki perang dan segala masalah yang muncul di antara Utara dan Selatan akan ditangani secara tepat," ujar pernyataan yang dibawa oleh kantor berita Korea Utara, KCNA.

Ketegangan di Semenanjung Korea memang semakin meninggi baru-baru ini. Militer Korea Utara menerapkan status siaga perang dan menggeser sistem rudal jarak jauhnya ke arah pangkalan militer milik Amerika Serikat (AS) di kawasan Pasifik dan Korea Selatan.

Keputusan tegas itu menyusul kenekatan AS menerbangkan pesawat siluman di Semenanjung Korea baru-baru ini. Jong-un mengatakan aksi manuver pesawat Stealth B-52 milik Paman Sam itu adalah aksi konfrontatif.

''Waktunya telah datang menuntaskan perhitungan dengan imperialis AS,'' kata dia, dalam surat pernyataan yang disiarkan KCNA, Jumat (29/3).

Keputusan Jong-un kali ini adalah terkeras sepanjang konfrontasi teranyar antara Korut dan AS belakangan. Beberapa pesawat siluman milik AS mengitari Semenanjung Korea saat Kamis (28/3) malam, waktu setempat.

6Komentar
30 Mar, 2013 13:44
avatar
Ni si gembul kayaknya cuma jadi permainan anggota dewan KORUT. Alias jadi boneka politiknya aja. mukanya aja yang sok galak
30 Mar, 2013 10:23
avatar
Mantab, ini baru pemimpin tapi jangan geretak doang
30 Mar, 2013 10:02
avatar
Inilah situasi yg sangat kita takuti yg seharusnya tidak terjadi. Dalam keadaan merasa terjepit Korut menjadi nekat dan menyatakan perang. Harus cepat dilakukan pendekatan oleh negara2 besar seperti Rusia dan China agar Korut kembali cooling-down. Bila situasi genting ini tidak segera didinginkan, mk akan sangat berbahaya. Bila perang benar2 terjadi, dan Korut merasa diintimidasi, bisa saja nanti menjadi NEKAT melancarkan perang NUKLIR...!
30 Mar, 2013 09:02
avatar
dilihat saja, siapa yg akhirnya terpuruk.  Korut, berhaluan komunism, US berideologi penjaga perdamaian. 

buat saya, damai itu indah, keributan kecil wajar, asal bisa diselesaikan dengan bijak.

Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    765 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.200 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    172 respon

Total Respon: 4.137
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft