Republika Online
Updated: Sun, 07 Apr 2013 13:38:44 GMT

Korea Memanas, RI Siapkan Langkah Darurat Evakuasi



Korea Memanas, RI Siapkan Langkah Darurat Evakuasi

Korea Memanas, RI Siapkan Langkah Darurat Evakuasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa terus memantau perkembangan di Semenanjung Korea, menyusul pengumuman perang Korea Utara terhadap Korea Selatan, Sabtu (6/4).

Dikutip dari setkab.go.id, Kemlu RI secara intensif terus berkomunikasi dengan KBRI Pyongyang. Kemlu Korea Utara pada tanggal 5 April 2013 telah memberikan briefing kepada perwakilan-perwakilan asing di Pyongyang, termasuk KBRI Pyongyang.

Sosialisasi itu untuk mempertimbangkan rencana evakuasi personil-personil perwakilan asing dari Pyangyang, Korea Utara. Selama ini, KBRI Pyongyang telah menyiapkan rencana langkah-langkah darurat (contingency plan) untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

Pelaksanaan dan penerapan rencana darurat tersebut disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di Korea Utara. Saat ini jumlah WNI di Korea Utara tercatat sebanyak 30 orang.

Para diplomat asing di Pyongyang Sabtu (6/4) berkumpul membahas anjuran mengungsi Korea Utara menyusul kekhawatiran negara terisolasi itu bersiap meluncurkan rudalnya yang bisa memicu ketegangan nuklir.

Para kepala misi diplomatik Uni Eropa setuju bertemu untuk membuat posisi bersama setelah Pyongyang memperingatkan kedutaan besar asing di negeri itu bahwa mereka tak bisa menjamin keamanan jika konflik pecah dan kedubes-kedubes asing mesti mempertimbangkan untuk angkat kaki dari Korea Utara.

Namun sebagian besar pemerintahan asing tidak berencana menarik personel diplomatiknya, sementara sebagian lagi menyebut saran Pyongyang itu taktik untuk meningkatkan kecemasan atas krisis yang tengah terjadi di Semenanjung Korea.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.292 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.210 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    886 respon

Total Respon: 9.388
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft