Republika Online
Updated: Mon, 01 Jul 2013 20:27:25 GMT

Korban Jiwa Akibat Kerusuhan Mesir Capai 16



Korban Jiwa Akibat Kerusuhan Mesir Capai 16

Korban Jiwa Akibat Kerusuhan Mesir Capai 16

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO--Sedikitnya delapan orang tewas selama bentrokan pada malam hari di luar Markas Ikhwanul Muslimin di Kairo. Jumlah korban jiwa sejak protes anti-presiden, Ahad (30/6), naik menjadi 16 orang.

"Bentrokan menewaskan delapan orang di Markas Ikhwanul Muslimin, tiga di Assiut, satu di Fayoum, satu di Iskandariya, satu di Kfar Ash-Sheikh dan satu di Bani Suef, sementara tak kurang dari 781 orang cedera," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mesir Yahya Moussa kepada Xinhua pada Senin (1/7).

Ia menyatakan satu orang tewas di dekat istana presiden karena sesak nafas. Seorang saksi mata di dekat Markas Ikhwanul Muslimin mengatakan bentrokan antara anggota kelompok itu dan penyerang dari kubu pemrotes anti-presiden meletus pada Ahad malam.

"Sedikitnya 43 orang lagi cedera di dekat markas tersebut," kata saksi mata itu kepada Xinhua. Ia menambahkan isi bangunan yang berlantai enam dirampok habis dan beberapa lantai bangunan itu dibakar.

Petugas hukum segera bergegas ke lokasi untuk melakukan penyelidikan dan pasukan pertahanan sipil mengepung daerah tersebut untuk membubarkan massa, tambah saksi mata itu.

Beberapa Markas Ikhwanul Muslimin di berbagai gubernuran diserang dan dibakar selama protes massa pada Ahad. Ratusan ribu orang Mesir membanjiri bundaran utama di negeri tersebut pada peringatan pertama pemerintahan Presiden Mohamed Mursi, yang berorientasi Islam.

Mereka menuntut Presiden Mursi mundur dan menyelenggarakan pemilihan dini presiden. Aksi itu menjadi demonstrasi terbesar di Mesir sejak protes 2011, yang menggulingkan mantan presiden Hosni Mubarak.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.287 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.197 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    885 respon

Total Respon: 9.369
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft