Republika Online
Updated: Sat, 24 Aug 2013 14:10:20 GMT

Konflik di Suriah, Amerika Serikat Siagakan Kapal Perang



Konflik di Suriah, Amerika Serikat Siagakan Kapal Perang

Konflik di Suriah, Amerika Serikat Siagakan Kapal Perang

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Angkatan Laut Amerika Serikat memperkuat eksistensinya di Laut Tengah dengan menyiagakan kapal perang bersenjatakan rudal. Langkah ini diambil terkait perang sipil yang terus bergejolak di Suriah.

Pejabat Departemen Pertahanan Amerika, seperti dilansir Reuters, Jumat (23/8), menyebut kapal USS Mahan sebenarnya sudah akan bertolak kembali ke markasnya di Norfolk, Virginia. Akan tetapi, Komandan Armada Keenam Negeri Paman Sam itu memutuskan untuk bertahan di area dekat Suriah.

Meskipun menyiagakan kapal perangnya, pejabat itu mengatakan, pihak Angkatan Laut belum mendapatkan perintah untuk mempersiapkan operasi militer terkait konflik di Suriah.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel membenarkan telah menyiagakan pasukan angkatan lautnya. Menurut dia, langkah itu merupakan antisipasi atas setiap keputusan yang nantinya akan diambil Presiden Barack Obama.

Ia mengatakan, Departemen Pertahanan bertanggung jawab untuk mempersiapkan berbagai opsi bagi presiden dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan. "

Hal itu termasuk menyiagakan pasukan dan menempatkan perlengkapan, untuk dapat melaksanakan beragam pilihan. Apapun yang akan diambil Obama," kata dia.

Berdasarkan informasi dari dalam pemerintahan, Amerika Serikat mempertimbangkan berbagai opsi terkait konflik Suriah. Mulai dari meningkatkan tekanan diplomatik, hingga melakukan serangan udara terhadap pasukan Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Berbagai pertimbangan ini menyeruak setelah adanya kabar pasukan Assad menggunakan senjata kimia untuk melakukan serangan terhadap pemberontak. Pemerintahan Assad sendiri menyangkal telah bertanggung jawab atas serangan itu setelah sebelumnya sempat menuduh pasukan pemberontaklah yang menggunakan senjata kimia.

Hagel mengatakan, komunitas internasional akan bergerak untuk mengetahui fakta sebenarnya yang terjadi di Suriah. Saat proses itu berlangsung, ia mengatakan, komunitas internasional pun harus mempersiapkan diri untuk mengambil tindakan. Apalagi jika memang terbukti pasukan Assad telah menggunakan senjata kimia. "Itu bisa menambah nilai urgensi terhadap apapun tindakan yang akan diambil komunitas internasional," kata dia.

Menanggapi segala hal yang terjadi, Hagel mengindikasikan Amerika Serikat bisa mengambil tindakan sendiri. Akan tetapi, ia berdalih permasalahan yang terjadi di Suriah merupakan isu internasional. Apalagi ketika memang benar terjadi penggunaan senjata kimia. "Saya yakin komunitas internasional akan dan harus bertindak dalam isu seperti ini," ujar dia.


0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.330 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.293 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    470 respon

Total Respon: 7.093
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft