Republika Online
Updated: Sun, 10 Mar 2013 07:58:00 GMT

Kejam, Ribuan Perempuan Suriah Disiksa dan Dibunuh



Kejam, Ribuan Perempuan Suriah Disiksa dan Dibunuh

Kejam, Ribuan Perempuan Suriah Disiksa dan Dibunuh

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Jaringan Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah telah menemukan fakta bahwa ribuan perempuan Suriah ditahan, diculik, disiksa, bahkan dibunuh sejak konflik dimulai Maret 2011 lalu.

Dikutip dari laman Al Arabiya, Ahad (10/3), mereka mengungkap bahwa sebanyak 4.257 perempuan telah dibunuh oleh pasukan rezim Suriah. Jaringan itu menambahkan, setidaknya ada 6.400 wanita ditahan, termasuk 1.000 mahasiswi. Tapi mereka menolak mengungkapkan informasi tentang nasib perempuan yang ditahan itu, dan dimana lokasi mereka.

Tidak hanya itu, mereka melaporkan, sebanyak 1.200 wanita diculik oleh anggota pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Sebagian besar perempuan yang hilang berada di wilayah Homs, Latakia, dan Damaskus.

‘’Mereka (perempuan) yang diculik mengalami penyiksaan sistemik, dan perlakuan buruk selama penangkapan,’’ ujar jaringan itu.

Jarigan itu juga menyebutkan, lebih dari 700 perempuan diperkosa. Mereka mengalami kekerasan seksual, mulai dari kekerasan verbal sampai pelecehan seksual secara langsung.

Dalam laporannya, jaringan itu juga mengungkapkan bahwa ketakutan mengalami kekerasan seksual adalah salah satu alasan utama mengapa ratusan ribu perempuan Suriah mencari perlindungan di negara-negara tetangga.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.287 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.197 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    885 respon

Total Respon: 9.369
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft