Republika Online
Updated: Thu, 16 May 2013 16:23:24 GMT

Kedubes AS Pulangkan Mata-Mata dari Rusia



Kedubes AS Pulangkan Mata-Mata dari Rusia

Kedubes AS Pulangkan Mata-Mata dari Rusia

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW -- Amerika Serikat (AS) mengalah untuk segera memulangkan staf diplomatiknya di Rusia lantaran tuduhan spionase. Kedutaan AS di Moskow, Rusia mengatakan, akan segera memulangkan Ryan Fogle segera.

Keputusan itu menyusul undangan mendadak Kementerian Luar Negeri Rusia yang memanggil Dubes AS di Moskow, Michael McFaul. New York Times melansir McFaul memenuhi panggilan tersebut saat Rabu (15/5) waktu setempat. Sikap AS pun disambut Wakil Menlu Sergei Ryabkov.

Dikatakan, McFaul menerima kemarahan resmi dari diplomasi Rusia atas aksi stafnya tersebut. Akan tetapi kedua pihak setuju untuk mengenyampingkan kasus ini dan menghadapi tumpukan permasalahan yang sejak lama mengantri untuk diselesaikan.

Pasalnya, dua negara sedang berada dalam forum yang sama untuk membahas persoalan internasional lainnya. Namun Kedubes meyakinkan Kremlin, akan segera memulangkan Fogle ke Washington.

Pemulangan tersebut adalah desakan Rusia sejak Fogle ditahan, Senin (12/5). Fogle ditangkap Polisi Keamanan Federal Rusia (FSB) Senin (12/5) malam.

FSB mencurigai sekretaris bidang politik Kedubes AS ini sebagai mata-mata Biro Intelijen Luar Negeri AS (CIA) di Rusia. FSB menuduh Fogle merekrut agen lokal untuk sebuah informasi terorisme di Kaukasus Utara.

Laman berita UPI menuliskan, Fogle menawarkan upah senilai 1 juta dolar untuk jalur informasi tersangka Bom Boston, Tsarnaev bersaudara.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.224 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.261 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    460 respon

Total Respon: 6.945
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft