Republika Online
Updated: Sun, 12 May 2013 11:38:04 GMT

Kapal Induk Nuklir AS Merapat ke Korsel



REPUBLIKA.CO.ID, BUSAN -- Kapal induk Amerika Serikat bertenaga nuklir USS Nimitz tiba di Korea Selatan Sabtu untuk berpartisipasi dalam pelatihan angkatan laut bersama sebagai bagian dari pelatihan rutin, kata Komando Pasukan Gabungan (CFC).

Nimitz berbobot 97 ribu ton, salah satu kapal perang terbesar di dunia, melakukan hubungan pelabuhan di kota pelabuhan tenggara Busan untuk tinggal tiga hari berpartisipasi dalam pelatihan militer bersama selama akhir pekan di perairan selatan dan timur Semenanjung Korea.

USS Nimitz merupakan bagian dari Kelompok Tempur Nimitz, yang terdiri kapal perusak dipandu-rudal USS Momsen, USS Preble dan kapal jelajah dipandu-rudal USS Princeton, menurut situs Web Angkatan Laut AS.

Latihan angkatan laut melibatkan kapal perang Nimitz, yang mengikuti pelatihan anti-kapal selam lima hari di Laut Kuning yang diakhiri Jumat, bertujuan untuk meningkatkan kesiapan militer dan interoperabilitas antara sekutu, kata CFC.

Selama tur kapal, Laksamana Michael White, komandan Kelompok Tempur Nimitz, mengatakan kepada wartawan bahwa kedua angkatan laut melakukan latihan 15 sampai 16 kali setahun dan bahwa panggilan pelabuhan tersebut merupakan bagian dari latihan rutin antara militer kedua negara.

Pekan lalu, Korea Utara mengecam latihan militer itu dan memperingatkan bahwa pihaknya akan membalas tanpa ampun setiap pelanggaran kedaulatan teritorial dengan pasukan roket.

Pyongyang meminta Seoul untuk menghentikan "tindakan bermusuhan dan provokasi militer" jika ingin menormalkan zona kawasan industri Kaesong yang kini ditangguhkan.

Sekitar 28.500 tentara Amerika ditempatkan di Korea Selatan sejak Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    374 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.508 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    64 respon

Total Respon: 1.946
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft