Republika Online
Updated: Fri, 25 Oct 2013 12:49:44 GMT

Jelang Persidangan Mursi, Massa Bakal Panaskan Mesir



Jelang Persidangan Mursi, Massa Bakal Panaskan Mesir

Jelang Persidangan Mursi, Massa Bakal Panaskan Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Aliansi pendukung Muhammad Mursi meminta pendukungnya untuk kembali berdemonstrasi pada 4 November mendatang saat presiden yang digulingkan militer itu akan disidang di pengadilan.

Permintaan itu dikhawatirkan memicu bentrokan terbaru antara massa pro Mursi dengan militer. Mursi yang ditahan di tempat yang belum diketahui bersama 14 orang lainnya dituduh membunuh demonstran di luar istana kepresidenan pada Desember 2012.

Aliansi anti-kudeta mengatakan, pembuat kudeta ingin memecah belah rakyat Mesir. "Aliansi juga meminta semua orang yang bebas di Mesir dan luar negeri untuk memberptahankan keinginan revolusi menentang kudeta militer," ujar aliansi tersebut dikutip Al-Arabiya, Jumat (25/10).

Persidangan Mursi diprediksi menaikkan ketegangan antara otoritas yang didukung militer dengan pendukungnya. Pada 6 Oktober, sedikitnya 57 orang tewas di Mesir, saat pendukung Mursi bentrok dengan pasukan keamanan saat mereka mencoba masuk Tahrir Square.

Pasukan keamanan juga membubarkan demonstrasi pendukung Mursi pada 14 Agustus. Lebih dari 1.000 orang tewas dan lebih dari 2.000 anggota Ikhwanul Muslimin ditahan. Jaksa menuntut Mursi dengan tuduhan memicu pendukungnya untuk membunuh selama bentrokan 5 Desember di luar istana kepresidenan.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.731 respon
  2. 66 %
    Tidak
    4.543 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    646 respon

Total Respon: 6.920
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft