Republika Online
Updated: Sun, 02 Dec 2012 13:31:40 GMT

Iran Dekati Korut untuk Bikin Senjata Nuklir?



Iran Dekati Korut untuk Bikin Senjata Nuklir?

Iran Dekati Korut untuk Bikin Senjata Nuklir?

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Iran dan Korea Utara memperkuat kerjasama dan pengembangkan energi nuklir. Bahkan Pemerintah Iran dilaporkan 'menanam' orang di dalam pasukan militer Korut sejat Oktober lalu.

Kantor berita Jepang, Kyodo, Ahad (2/12), Negeri Para Mullah itu menempatkan staff pertahanan di dalam pasukan militer Korut. Laporan mencuat saat Pemerintah Korut mengatakan pihaknya akan melakukan peluncuran roket kedua pada 10-22 Desember.

Tanggal tersebut dipilih dalam rangka mendekati ulang tahun kematian pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, yang juga ayah dari pemimpin muda Korut saat ini, Kim Jong Un.

Kyodo mengabarkan, staff dikirim Iran terdiri atas empat orang ahli dari Departemen Pertahanan Iran serta perusahaan terkait. Keempatnya kemudian tinggal di sebuah fasilitas militer sekitar 85 kilometer dari perbatasan Korut dan Cina.

Kedua negara memang kawan akrab. Awal tahun ini, kedua negara menandatangani kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

AS menuding Iran mendapatkan bahan pembuatan rudal balistik dari Korut, menyusul hubungan diplomatik dengan AS yang putus sejak 2010.

Iran dan Korut merupakan dua negara pengembang nuklir terbesar di dunia. Jika Iran menyatakan tak memanfaatkan nuklir untuk pembuatan senjata, Korut sebaliknya. Negeri komunis itu terang-terangan mengembangkan senjata nuklir.

Berdasarkan laporan akhir tahun lalu, Korut sedikitnya memiliki 50 kilogram plutonium dan sepuluh bom nuklir. Sementara Iran mengklaim penggunaaan nuklir untuk tujuan damai, seperti penghasil listrik negara.

Tapi klaim Iran tak langsung dipercaya AS dan sekutunya Israel. Mereka menduing Iran melakukan pengayaan uranium untk membuat senjata nuklir.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.965 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.238 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    736 respon

Total Respon: 7.939
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft