Republika Online
Updated: Thu, 06 Dec 2012 01:30:00 GMT

Inilah Dinosaurus Tertua di Dunia



Inilah Dinosaurus Tertua di Dunia

Inilah Dinosaurus Tertua di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dinosaurus pertama yang berjalan di muka bumi mungkin telah ditemukan oleh para peneliti di Museum Sejarah Alam London.

Sebuah spesimen fosil misterius yang dikoleksi museum selama puluhan tahun kini telah diidentifikasi sebagai dinosaurus yang hidup sekitar 245 juta tahun yang lalu. Hal ini 10-15 tahun lebih tua dibandingkan spesimen tertua yang pernah ditemukan.

Spesies ini dinamakan Nyasasaurus Parringtoni yang ditemukan di selatan Afrika tepatnya di Danau Nyasa oleh tim peneliti Cambridge University pada tahun 1930-an.

"Penemuan ini seperti melihat mereka di zaman sebelumnya dengan mata sendiri," ujar tim peneliti Paul Barrett seperti dikutip dari news.sky, Rabu (5/12).

"Penemuan ini juga menyambungkan kembali catatan fosil dan keberadaan dinosaurus sendiri."

Sebelumny fosil yang sama telah diteliti pada tahun 1950-an yang tidak menghasilkan sesuatu yang baru sehingga hasil penelitian tidak diterbitkan.

Fosil ini memiliki karakter dinosaurus tertua. Jaringan tulang di lengan atas menunjukkan tanda pertumbuhan cepat seperti lazim ditemukan pada dinosaurus. Struktur ini juga memiliki deltopektoralis yang bersambung dengan otot lengan atas sebagai struktur dinosaurus.

"Fosil Nysasaurus memiliki struktur lengan atas dan pinggul yang unik untuk dinosaurus. Hal ini membuat saya yakin kita lebih dekat dengan asal dinosaurus," imbuh Barrett.

Tim peneliti percaya Nysasaurus bertype dinosaurus berdiri tegak dengan kaki satu meter dan memiliki panjang tiga meter dari kepala hingga ekor.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.395 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.308 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    476 respon

Total Respon: 7.179
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft