Republika Online
Updated: Wed, 10 Oct 2012 23:47:45 GMT

Indonesia Siap Usung 3 Usulan di APEC 2013



Indonesia Siap Usung 3 Usulan di APEC 2013

Indonesia Siap Usung 3 Usulan di APEC 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Indonesia akan mengusung tiga usulan prioritas saat menjadi ketua dan tuan rumah KTT Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) tahun 2013. Rencana itu disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

"Termasuk dalam usulan prioritas itu adalah konsep ekonomi biru, yang terkait soal kelautan dalam kerja APEC baik untuk mendukung konektivitas, integrasi ekonomi regional, ketahanan pangan serta perubahan iklim," ujarnya saat rapat dengan Komisi I DPR, Rabu.

Tiga usulan adalah, "Attaining the Bogor Goals" dengan fokus perwujudan perdagangan dan investasi yang lebih terbuka dan bebas, standarisasi dan reformasi struktural.

Usulan kedua adalah "Achieving Sustainable Growth with Equity" dengan fokus kepada peningkatan daya saing global UMKM, inklusi keuangan, ketahanan pangan, perubahan iklim dan pemberdayaan perempuan.

Usulan ketiga adalah "Promoting Connectivity" dengan fokus kepada konektivitas fisik, termasuk investasi infrastruktur dan konektivitas kelautan, institusional dan orang terhadap orang.

Selain itu, Indonesia juga telah menggulirkan beberapa gagasan yang diterima baik anggota APEC dan dilanjutkan pembahasannya pada 2013, yakni konsep fasilitasi perjalanan bagi "disaster relief personnel" serta penguatan salah satu dari tiga pilar APEC yakni aspek kerja sama ekonomi dan teknik untuk memperkuat pengembangan kapasitas bagi ekonomi berkembang.

"Selain isu prioritas tersebut, terdapat isu dan komitmen APEC di tahun-tahun sebelumnya yang perlu ditindaklanjuti," ujar dia.

Tema yang perlu ditindaklanjuti beberapa di antaranya yakni, kajian hambatan nontarif, kajian dampak "local content requirements" terhadap integrasi regional dan pertumbuhan ekonomi, pembahasan upaya menghentikan pasokan dan permintaan satwa langka secara ilegal.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.247 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    952 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    364 respon

Total Respon: 5.563
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft