Republika Online
Updated: Thu, 07 Mar 2013 11:18:07 GMT

Daftar Nama Kardinal dengan Masalah Pelecehan Seks



Daftar Nama Kardinal dengan Masalah Pelecehan Seks

Daftar Nama Kardinal dengan Masalah Pelecehan Seks

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN -- Ketenangan para kardinal yang akan menghadapi sidang konklaf di Kapel Sistine kembali terguncang. Dunia luar masih menyoroti kasus pelecehan seksual yang menyoroti para pendeta.

Salah satu keluarga yang anaknya menjadi korban akibat pelecehan seksual oleh pendeta. Barbara Dorris membawa daftar nama untuk diberikan kepada pihak kepausan.

Dilansir dari CBSNews, Nama-nama tersebut masuk dalam kardinal yang menjadi kandidat paus baru. Diantara daftar tersebut, terdapat tiga kardinal berasal dari Amerika Serikat.

Sean O'Mallay, kardinal dari Boston dituntut karena tidak memecat pejabatnya yang terlibat pelecehan seksual. O'Malley hanya meneger pejabat bersangkutan dan mengancam untuk memecatnya jika mengulangi perbuatan tersebut.

Nama lainnya, Donald Wuerl dari Washington DC. Dia dituntut karena tidak mengingatkan jemaatnya saat adanya seorang pendeta yang bermasalah pindah ke wilayah mereka. Gereja bersikukuh kalau pemberian peringatan adalah hal yang legal.

Kemudian, Timothy Dolan dari New York. Dia dituntut akibat memberi jaminan seorang pendeta pedofil untuk lepas dari tahanan. Tuduhan tersebut awalnya disanggah akan tetapi dokumen pengadilan mengungkapkan kebenaran hal tersebut.

Para kardinal memang terkesan tidak terburu-buru untuk mengawali konklaf dan menuntaskan pemilihan paus yang baru. Mereka membiarkan waktu lewat dan mengakses tanggal untuk pemilihan paus. Sekarang, mereka diminta untuk diam.

Pertemuan para kardinal dan diskusi antar mereka bahwa banyak masalah di gereja menjadi sangat sensitif. Mereka diberitahu untuk tidak mengungkap apapun kepada dunia luar. Meski demikian, banyaknya pertanyaan dari warga sipil tidak dapat membuat mereka menghindar.

1Komentar
9 Mar, 2013 18:07
avatar
bgmana para jemaatnya klu para pemimpinnya saja berbuat tak senonoh

Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.397 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.344 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    335 respon

Total Respon: 8.076
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft