Republika Online
Updated: Mon, 26 Nov 2012 17:17:18 GMT

Cina Sukses Daratkan Pesawat Tempur di Kapal Induk



Cina Sukses Daratkan Pesawat Tempur di Kapal Induk

Cina Sukses Daratkan Pesawat Tempur di Kapal Induk

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Cina untuk pertama kalinya sukses mendaratkan pesawat tempur di atas geladak kapal induk barunya.

Sukses ini menandai satu langkah besart Cina dalam memproyeksikan kekuatan militernya, termasuk mungkin ke wilayah-wilayah yang disengketakan negara-negara tertentu.

Pesawat tempur buatan Cina J-15 sukses mendarat di Liaoning, bekas kapal induk Uni Soviet, dalam sebuah latihan, demikian pernyataan kementerian pertahanan China dalam sebuah laporannya seperti dikutip AFP.

Liaoning mulai beroperasi September lalu dan merupakan simbol dari menguatnya postur militer Cina yang muncul bertepatan dengan banyaknya sengketa wilayah dengan negara-negara tetangga Cina.

"Pendaratan yang berhasil ini senantiasa dipandang sebagai simbol dari kapabilitas bertempur untuk sebuah kapal induk," kata Zhang Junshe, Wakil Direktur Institut Riset Hubungan Angkatan Laut kepada televisi resmi Cina.

"Ini adalah peristiwa mahapenting bagi kapal induk Cina dan ini selangkah lebih dekat ke kesiapan berperang."

Video yang ditayangkan Cina Central Television menunjukkkan ekor pesawat J-15 tertangkap rangkaian kabel di dek kapal induk begitu pesawat tempur ini mendarat dan melambat untuk kemudian berhenti.

Sebelum ini Cina tidak pernah mengumumkan Angkatan Lautnya menguasai teknologi pendaratan berkabel secanggih itu.

Laksamana Madya Zhang Yongyi, panglima yang bertanggungjawab dalam uji coba pendaratan dan program latihan, berkata kepada media negara, "Bagai menari di atas ujung pisau" saat npesawat mendarat di ruang yang sangat terbatas.

"Sejak awal kami sukses melaksanakan semua uji terbang ini dan akhirnya kami menguasai keahlian-keahlian kunci dalam pendaratan di kapal induk," sambung dia seperti dikutip AFP.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    794 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.379 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.349
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft