Republika Online
Updated: Wed, 11 Sep 2013 19:14:05 GMT

Amerika Serikat Tak Jadi Serang Suriah? Ini Penjelasan Obama



Amerika Serikat Tak Jadi Serang Suriah? Ini Penjelasan Obama

Amerika Serikat Tak Jadi Serang Suriah? Ini Penjelasan Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Desakan internasional menggagalkan rencana serangan militer Amerika Serikat (AS) ke Suriah berhasil. Presiden AS Barack Obama memilih jalur diplomasi untuk mengatasi penggunaan senjata kimia oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Dalam pidato kenegaraannya, selama 15 menit, Selasa (10/9) di Gedung Putih, Obama mengatakan menunda serangan militer ke Damaskus. Presiden dua kali ini pun, meminta Kongres AS menunda pembahasan tentang dukungan serangan militer ke Suriah di Capitol Hill.

''Dan sementara, kita (AS) mengejar jalan diplomatik. Tapi kita tetap mengawasi rezim di Damaskus,'' kata Obama, seperti dilansir New York Times, Rabu (11/9).

Obama pun menyatakan agar, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyambut kemauan AS dan Rusia di forum Perdamaian Suriah, oleh PBB, di Jenewa pekan ini. ''Saya akan melanjutkan diskusi dengan rekan saya di Rusia (Presiden Rusia Vladimir Putin) untuk mencari jalan (diplomatik di Suriah),'' sambung dia.

Presiden Afro-Amerika di AS ini juga mengatakan menggandeng Cina dan anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK - PBB) lainnya. Pidato Obama mengakhiri spekulasi tentang Perang Suriah. Meski pun menegaskan tetap akan mengawasi pertikaian di Suriah, namun untuk sementara, Obama tampak 'gagal' menggapai ambisinya.




0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    662 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.770 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    145 respon

Total Respon: 3.577
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft