Republika Online
Updated: Tue, 04 Jun 2013 10:39:40 GMT

Amerika Lemahkan Nilai Tukar Mata Uang Iran



Amerika Lemahkan Nilai Tukar Mata Uang Iran

Amerika Lemahkan Nilai Tukar Mata Uang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintah Amerika Serikat meluncurkan sanksi baru terhadap Iran yang menargetkan mata uang. Hal itu akan meningkatkan tekanan pada Teheran untuk meninggalkan program nuklirnya.

Seorang pejabat AS mengatakan, langkah tersebut akan memaksa lembaga melepas kepemilikan rial dan melemahkan mata uang. Ini adalah pertama kalinya AS langsung menarget mata uang Iran.

"Ini menjanjikan untuk membuat mata uang Iran lemah, bahkan lebih lemah dan lebih goyah. Idenya adalah untuk membuat rial tidak dapat digunakan di luar Iran, " ujar pejabat AS dilansir BBC.

Mata uang Iran telah turun secara signifikan terhadap dolar AS selama beberapa tahun terakhir. Pelemahan mata uang tersebut merupakan sanksi ke sembilan dari pemerintahan Presiden Barack Obama yang dijatuhkan terhadap Iran.

Sanksi lainnya juga mencakup sektor mobil di Iran. Sektor tersebut merupakan salah satu kunci perekonomian Iran. AS telah melarang penjualan atau pengalihan barang atau jasa yang akan digunakan untuk produsen mobil Iran.

"Ini adalah eskalasi sanksi yang serius karena administrasi sektor otomotif yang merupakan perusahaan terbesar kedua di Iran setelah sektor enrgi masuk daftar hitam," ujar Mark Dubowitz dari Yayasan Pertahanan Demokrasi.

Sementara, juru bicara Gedung Putih, Jay Carney mengatakan, masih ada solusi diplomatik bagi Iran. "Jika pemerintah Iran tetap seperti sekarang, tidak boleh ada keraguan Amerika Serikat dan mitra akan terus memaksakan peningkatan konsekuensi," ujarnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.180 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.250 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    454 respon

Total Respon: 6.884
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft