Republika Online
Updated: Sun, 28 Apr 2013 22:03:15 GMT

Ahmadinejad: Iran-Turki Punya Kepentingan Bersama



Ahmadinejad: Iran-Turki Punya Kepentingan Bersama

Ahmadinejad: Iran-Turki Punya Kepentingan Bersama

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad ketika bertemu dengan menteri pembangunan Turki mengatakan Iran dan Turki memiliki kepentingan bersama.

"Iran dan Turki adalah dua negara besar dengan bakat yang berlimpah, dan perkembangan hubungan bilateral adalah untuk kepentingan kedua negara dan seluruh wilayah ini," kata Ahmadinejad.

"Musuh bersama" kedua negara adalah yang menentang perluasan hubungan antara kedua negara, sebab itu akan membahayakan kepentingan mereka, begitu ujar Ahmadinejad sebagaimana dikutip Press TV.

Sementara itu, Menteri Pembangunan Turki Cevdet Yilmaz memuji perluasan hubungan Iran-Turki selama masa pemerintahan Ahmadinejad. Yilmaz mengatakan negaranya mendukung kerja sama lebih lanjut dengan Republik Islam tersebut.

Yilmaz menambahkan Teheran dan Ankara memiliki kepentingan yang sama dalam berbagai masalah regional dan global. "Bahkan jika kami memiliki perbedaan pendapat mengenai sebagian masalah, Turki mengakui masa depan dan nasib kedua terikat bersama," kata Press TV.

Turki berusaha meningkatkan volume transaksi perdagangan dengan Iran jadi lebih dari 30 miliar dolar AS dari jumlahnya saat ini, 22 miliar dolar AS, kata Yilmaz, yang memimpin satu delegasi ekonomi dan melakukan kunjungan tiga-hari ke Iran.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.684 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.093 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    401 respon

Total Respon: 6.178
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft