okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 16 Mar 2013 12:41:51 GMT | By aulia, okezone.com

Tangkal Ancaman Korut, AS Siapkan 14 Perisai Misil



Tangkal Ancaman Korut, AS Siapkan 14 Perisai Misil

WASHINGTON- Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) Chuck Hagel menyebut Korea Utara (Korut) tidak bertanggung jawab karena terus menerus melancarkan provokasi. Hagel menegaskan, AS akan segera membangun 14 senjata anti-misil baru di Fort Greely, Alaska.

Senjata-senjata itu dibangun Negeri Paman Sam guna mewaspadai misil balistik negeri komunis Korea yang baru saja membatalkan perjanjian gencatan senjata secara sepihak dengan Korea Selatan (Korsel). Selain berniat menempatkan 14 sistem pertahanan misil di Alaska, Pentagon juga akan memasang radar pendeteksi misil di Jepang.

"Dengan mengambil langkah yang saya jelaskan hari ini, kami akan terus memperkuat pertahanan tanah air kita. Kami juga mewujudkan komitmen dengan mitra-mitra kita (di Asia) dan menjelaskan kepada dunia bahwa AS menentang segala bentuk agresi," ujar Hagel, seperti dikutip Reuters, Sabtu (16/3/2013).

Menurut para pengamat, Korut masih belum bisa melancarkan serangan ke AS dengan senjata nuklirnya. Meski demikian, Korut masih dipandang cukup mengancam bagi negara-negara tetangganya di kawasan Asia seperti halnya Korsel dan Jepang.

Hagel menjelaskan kembali mengenai keputusan yang baru saja diambil oleh Pentagon. AS terpaksa memperkuat kapabilitas pertahanannya karena Korut mulai mengerahkan misil balistik antar-benua.

AS juga melaporkan masalah ini ke China yang tak lain adalah mitra terdekat Korut. Namun sampai saat ini, AS belum mengutarakan ke publik tentang, bagaimana reaksi China terhadap usulan-usulan AS.

Sejauh ini, AS sudah menempatkan 26 buah sistem pertahanan misil di Fort Geely, Alaska, dan empat lainnya di tempatkan di Pangkalan Udara Vandenberg, California.

3Komentar
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.582 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.060 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    392 respon

Total Respon: 6.034
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft