okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 04 Dec 2012 02:24:16 GMT | By fnugraha, okezone.com

Sunat Perempuan Tidak Dianjurkan di Indonesia



Sunat Perempuan Tidak Dianjurkan di Indonesia

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan, isu sunat perempuan memang sering didengungkan di forum-forum internasional, termasuk di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Meski demikian, ketiadaan larangan sunat perempuan di Indonesia disebabkan karena Indonesia merupakan negara plural.

"Sunat perempuan sering dianggap sebagai tindakan yang melanggar HAM. Indonesia memilih untuk tidak menganjurkan sunat perempuan, namun bukan berarti anjuran itu dianggap wajib. Ini diserahkan ke masing-masing keluarga," ujar Linda di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (4/12/2012).

Linda berharap ada koordinasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Kesehatan Indonesia untuk menghadapi isu sunat perempuan. Namun isu itu patut dibahas dengan hati-hati karena berpotensi menciptakan kontroversi. Kementerian Kesehatan tentu akan menjadi pihak penentu dalam isu sunat perempuan.

"Kemenkes akan menjadi lead dalam isu ini. Karena kita merupakan negara plural dan beberapa di antaranya masih tradisional, isu ini harus ditangani secara hati-hati," imbuhnya.

Sampai saat ini, belum diketahui apakah isu sunat perempuan akan dibahas di Pertemuan Tingkat Menteri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tentang Peranan Perempuan dalam Pembangunan. Linda hanya mengatakan bahwa, pertemuan ini akan mengupas lebih jauh mengenai isu perempuan di sektor ekonomi.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 77 %
    Yakin
    4.406 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    1.006 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    376 respon

Total Respon: 5.788
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft