okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 28 Feb 2013 11:33:03 GMT | By aulia, okezone.com

Semenanjung Korea Memanas, Korut Salahkan AS



Semenanjung Korea Memanas, Korut Salahkan AS

JENEWA - Korea Utara (Korut) menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Korut pun mengakui, situasi di Korea saat ini makin sulit diprediksi.

"AS adalah pihak yang patut disalahkan terhadap situasi Semenanjung Korea, yang saat ini sudah memasuki tahapan sulit," ujar diplomat Korut di Swiss, seperti dikutip Xinhua, Kamis (28/2/2013).

Diplomat itu juga berkomentar mengenai isu uji coba nuklir Korut yang dilaksanakan beberapa pekan yang lalu. Uji coba itu memang ditujukan untuk menghadapi sikap AS yang dinilai mengancam Korut belakangan ini.

Selain berkomentar mengenai kedua hal itu, diplomat negeri komunis Korea itu juga menyinggung program antariksa di negaranya. Menurutnya, AS telah mengganggu peluncuran satelit Korut yang jelas-jelas merupakan program yang damai.

"AS harus menghormati hak Korut mengenai peluncuran satelit itu dan membuka frase perbaikan hubungan serta penjagaan stabilitas. Atau mereka akan memilih untuk berjalan di jalan yang salah yang akan mengantarkannya ke sebuah situasi yang penuh ledakan, karena kebijakannya terhadap Korut," imbuhnya.

Tepat pada Rabu 27 Februari kemarin, Korut kembali menyuarakan ancamannya kepada Negeri Paman Sam. Mereka sesumbar bahwa Negeri Paman Sam berada pada jangkauan senjata nuklir yang mereka miliki.

"Korut saat ini adalah negara yang merdeka secara penuh untuk memiliki rudal dan senjata nuklir. Amerika Serikat harus menyadari bahwa dataran AS kini berada dalam jangkauan roket dan senjata nuklir kami," ujar seorang anggota Komite Perdamaian Nasional Korea.

Klaim itu merupakan klaim serupa yang pernah mereka utarakan pada Oktober 2012. Meski demikian, komunitas internasional masih meragukan kemampuan Korut.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.281 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.714 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.297
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft