okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 30 Mar 2013 08:57:53 GMT | By aulia, okezone.com

Rusia: AS & Korut Tidak Boleh Pamer Kekuatan!



Rusia: AS & Korut Tidak Boleh Pamer Kekuatan!

MOSKOW - Rusia mengajak Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) agar tidak saling mendemonstrasikan kekuatan militernya ke dunia. Kedua pihak itupun dianggap bertanggung jawab atas eskalasi ketegangan di Semenanjung Korea.

"Seluruh pihak tidak diperkenankan memamerkan otot-otot militernya. Kami sangat khawatir, meski ada mekanisme yang bisa diambil oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bagsa-Bangsa (DK PBB), langkah-langkah sepihak selalu dicetuskan untuk menindak Korut yang sedang meningkatkan aktivitas militernya," ujar Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (30/3/2013).

Secara tidak langsung, komentar Lavrov ditujukan untuk menyinggung penambahan sistem pertahanan misil AS di wilayah Alaska yang memang ditujukan untuk menghadapi misil balistik Korut. Selain itu, Rusia tampaknya khawatir dengan rencana kontingensi AS dan Korea Selatan (Korsel) yang ditujukan untuk menghadapi Korut.

"Situasi (di Semenanjung Korea) bisa semakin sulit dikendalikan," tegas Lavrov ketika berbicara dengan para wartawan.

Lavrov mengingatkan kembali pentingnya Dialog Six Party untuk membahas program nuklir Korut yang kontroversial. Korut kembali dituntut taat pada hukum internasional agar proses perbincangan itu bisa dilanjutkan kembali.

Seperti diketahui, AS telah mengerahkan pesawat bomber B-2 Stealth pada Kamis lalu ke Korsel dari pangkalannya yang ada di Negeri Paman Sam. Pesawat itu melesat dari kejauhan 10 ribu kilometer untuk melakukan serangan udara dengan bom palsu di Negeri Ginseng.

Mendengar hal itu, negeri komunis Korea langsung berang. Korut menyiapkan misil-misilnya yang ditujukan untuk menghancurkan pesawat bomber itu.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.133 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.240 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.826
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft