okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 19 Apr 2013 09:12:47 GMT | By fnugraha, okezone.com

Peringatan KAA Dengungkan Lagi Nilai Dasasila Bandung



Peringatan KAA Dengungkan Lagi Nilai Dasasila Bandung

BANDUNG _ Kota kembang, Bandung, tak pelak menyimpan banyak peristiwa bersejarah yang tak hanya menghadirkan pertempuran fisik tapi juga jalan diplomasi demi menciptakan perdamaian dunia seperti Konferensi Asia-Afrika (KAA) misalnya.

KAA ini kemudian menjadi tonggak berdirinya Gerakan Non-Blok (GNB) yang di saat perang dingin, menghadirkan wadah baru bagi sejumlah Negara Dunia Ketiga di tengah berkecamuknya dua kutub politik dunia.

Tapi KAA sudah lama berlalu, namun siapa bilang nilai-nilai yang terkandung dalam Dasasila Bandung yang terbit saat KAA 1955 silam sudah tak relevan untuk dipelihara dan direalisasikan bersama. Semangat itulah yang ingin dijunjung dalam peringkatan KAA ke-58 pagi hingga petang tadi di kawasan Gedung Merdeka, Bandung.

"Inti dari peringatan KAA untuk memelihara dan terus menjaga semangat solidaritas antara sesama negara anggota. Dasasila Bandung yang lahir saat itu, masih relevan jika melihat kondisi saat ini," tutur Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri A.M Fachir, usai membuka peringatan KAA, Kamis (18/4/2013).

Peringatan KAA kali ini pun tak ketinggalan untuk dihadiri sejumlah delegasi luar negeri, serta sejumlah pejabat Kota Bandung yang diwakili Wakil Wali Kota Ayi Vivananda, Kabintaldam III Siliwangi Kolonel Hindro Martono, serta sejumlah komunitas penggiat sejarah macam Historia van Bandoeng.

Acara pembukaan diawali pengibaran 106 bendera negara anggota, parade bendera, kavaleri serta berbagai komunitas, dan ditutup dengan pemukulan gong yang dilakukan sejumlah delegasi yang hadir. Acara ramah-tamah di dalam museum KAA sendiri menjadi pelengkap demi mengingat lagi konferensi besar yang diprakarsai Indonesia, Burma (Myanmar sekarang), India, Pakistan dan Sri Lanka 58 tahun silam tersebut.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    809 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.452 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    178 respon

Total Respon: 4.439
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft