okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 03 Sep 2013 10:55:52 GMT | By ade.lestarini, okezone.com

Pengadilan Mesir Dituntut Bubarkan Ikhawanul Muslimin



Pengadilan Mesir Dituntut Bubarkan Ikhawanul Muslimin

KAIRO - Majelis Hakim Mesir dikabarkan telah mengusulkan kepada pengadilan Mesir untuk membubarkan organisasi Ikhwanul Muslimin yang juga merupakan pendukung presiden terguling Mohamed Morsi.

Majelis hakim Mesir menilai, organisasi ini merupakan penyebab kerusuhan saat unjuk rasa yang berujung pada kekerasan beberapa minggu lalu.

Dilaporkan AFP, Selasa (3/9/2013), gerakan Ikhwanlul Muslimin sebenarnya sudah terdaftar sebagi salah satu organisasi non-pemerintahan pada Maret tahun ini. Akan tetapi, akibat beberapa kasus yang menyeret kelompok ini, kemungkinan kelanjutan Ikhwanul Muslimin akan ditentukan di pengadilan pada 12 November nanti.

Secara tidak langsung, penggembosan gerakan Ikhwanul Muslimin perlahan sudah terjadi. Ini dibuktikan dengan ditangkapnya beberapa pimpinan organisasi Ikhwanul Muslimin yang dihadapkan pada tuduhan sebagai penghasut aksi kekerasan.

Tak hanya pemimpin senior mereka yang sudah diciduk, Mohamed Morsi yang selalu mereka dukung juga sudah diseret ke meja hijau dengan tuduhan yang sama. Sekadar diketahui, Ikhwanul Muslimin didirikan pada 1928 dan resmi dibubarkan oleh militer Mesir pada 1954.

Karena tidak mempunyai keputusan hukum yang kuat, organisasi Ikhwanul Muslimin kembali beroperasi satu dekade kemudian. Prestasi terbesar organisasi yang sampai 2011 lalu masih dinyatakan ilegal ini yakni berhasil memenangi pemilihan umum Mesir.

Selain itu, Ikhwanul Muslimin merupakan salah satu elemen penting yang bisa mendesak diktator Mesir Hosni Mubarak lengser dari tampuk kepemimpinannya.

0Komentar
Lihat Wajah Baru MSN. Klik di sini!

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.625 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    7.322 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 9.335
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft