okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 30 Mar 2013 11:23:21 GMT | By aulia, okezone.com

Paus Fransiskus Sebut Muslim Saudara



Paus Fransiskus Sebut Muslim Saudara

ROMA- Dalam perayaan Jumat Agung, Paus Fransiskus berbicara dan membahas isu konflik antar warga Kristiani dan Muslim di Timur Tengah. Paus Fransiskus juga menyebut warga Muslim sebagai saudara.

Pada kesempatan itu, Paus mengadakan meditasi untuk mengakhiri kekerasan komunal di Timur Tengah. Bersamaan dengan itu, Paus Fransiskus mengutarakan harapannya mengenai tercitanya hubungan yang positif antara warga Kristiani dan Muslim di Timur Tengah sambil menyinggung kinerja Paus Emeritus Benediktus XVI yang sudah berkunjung ke Lebanon.

"Kami melihat adanya keindahan dan ikatan komunitas yang kuat dengan bergabungnya warga Kristiani di tanah itu, dan mereka menjalin persahabatan dengan saudara-saudari Muslim kita," ujar Paus Fransiskus, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (30/3/2013).

Peringatan Jumat Agung yang berlangsung kemarin juga menjadi peringatan bersejarah dari Pemimpin Gereja Katolik baru itu. Paus mendobrak tradisi dengan mencuci dan mencium kaki dua orang perempuan. Paus yang ramah itu juga mengunjungi 12 tahanan di penjara anak.

Sebelum dipilih sebagai Pemimpin Gereja Katolik, Kardinal Jorge Mario Bergoglio memang merupakan seorang yangmemiliki hubungan baik dengan pemuka agama di Argentina. Dalam pidato pertamanya setelah menjadi paus, Fransiskus turut mendesak gereja dan negara-negara Barat untuk memperdalam hubungannya dengan dunia Islam.

Seperti diketahui, hubungan antara Vatikan dan Islam sempat mengalami pasang surut di masa kepausan Paus Emeritus Benediktus XVI. Pernyataan Paus Emeritus Benediktus XVI mengenai ajaran Nabi Muhammad sempat menuai kecaman. Pada 2011,institut kajian Islam di Al-Azhar Kairo juga membekukan hubungannya dengan Vatikan.

Meski demikian, ketegangan hubungan itu tampaknya sudah mulai mencair sejak Fransiskus terpilih menggantikan Benediktus. Imam Masjid Agung Al-Azhar Syekh Ahmed el-Tayyeb sudang mengirimkan ucapan selamat kepada Fransiskus yang terpilih pada Februari lalu lewat konklaf.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    800 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.414 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.390
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft