okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 03 Sep 2013 06:39:37 GMT | By ade.lestarini, okezone.com

Malaysia Tahan Ribuan Tenaga Kerja Ilegal



Malaysia Tahan Ribuan Tenaga Kerja Ilegal

KUALA LUMPUR - Otoritas Malaysia telah menahan 2.500 imigran ilegal di suatu kamp penahanan dan berencana untuk memulangkan setengahnya. Dalam aksi razia terhadap imigran ilegal, Pemerintah Malaysia mengerahkan ratusan polisi, tentara, dan keamanan lokal.

Dalam razia yang dilakukan pada Minggu 1 September waktu setempat, pasukan keamanan lokal terjun langsung ke lokasi konstruksi, perkebunan, dan pemukiman kumuh untuk bisa menciduk imigran tanpa izin.

Dalam satu penyergapan ke perkebunan kelapa sawit, pekerja yang melihat adanya razia langsung bersembunyi ke hutan. Mengetahui adanya imigran ilegal yang kabur, Pemerintah Malaysia meyakini kalau para imigran ini tak akan bertahan lama.

Dilaporkan BBC News, Selasa (3/9/2013), jutaan tenaga kerja, baik ilegal ataupun legal, datang dari negara tetangga Malaysia, seperti Indonesia ataupun Filipina. Selain negara itu, Bangladesh, Nepal, dan Myanmar juga penyumbang tenaga kerja di Malaysia yang kebanyakan bekerja di perkebunan kelapa sawit ataupun pekerja konstruksi.

Pemerintah Malaysia sebagai tuan rumah bagi para imigran ini mengkhawatirkan bila pertumbuhan tenaga kerja asing tidak bisa dikendalikan, maka akan menimbulkan tingkat kejahatan di Negeri Jiran.

Di samping alasan tersebut, pihak Malaysia juga taku bila imigran ilegal sengaja diselendupkan ke Malaysia untuk menjadi pegawai seks komersial (PSK). Akan tetapi, penahanan para imigran di kamp itu mendapat tentangan dari kelompok hak asasi manusia.

Mereka berkata, di kamp penahanan para imigran sering mendapat tindak kekerasan. Kelompok ini meyakini untuk masalah PSK, mereka semua hanyalah korban dari komplotan perdagangan manusia.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.320 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    5.945 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    314 respon

Total Respon: 7.579
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft