okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 11 Dec 2012 03:37:12 GMT | By fnugraha, okezone.com

Lima Negara Anggota OKI Tolak Dukung Palestina



Lima Negara Anggota OKI Tolak Dukung Palestina

JEDDAH _ Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu menyatakan, kekecewaannya atas adanya negara anggota OKI yang tidak mendukung Palestina di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Pada November lalu Palestina mengajukan diri untuk mendapatkan status negara peninjau non anggota di PBB. Negara-negara OKI telah bersepakat untuk sepenuhnya mendukung keinginan Palestina tersebut di PBB.

Nmun pada kenyataannya terdapat lima negara anggota OKI yang menolak memberikan dukungan kepada Palestina pada saat voting dilakukan di PBB. Negara anggota OKI yang diketahui menolak mendukung Palestina di PBB antara lain Albania, Togo, Kamerun, dan Bosnia Herzegovina. Tidak diketahui manakah satu negara anggota OKI lainnya yang tidak mau mendukung Palestina di PBB.

"Kami sangat kecewa dengan kelima negara anggota OKI yang tidak memberikan dukungannya pada Palestina. Sekira 18 negara anggota Uni Eropa saja mau mendukung Palestina di PBB," ujar Ihsanoglu, seperti dikutip Arab News, Selasa (11/12/2012).

Ihsanoglu menyatakan, dukungan kepada Palestina merupakan salah satu prioritas kebijakan di organisasi yang dipimpinnya. Ia pun menyebut negara-negara yang menolak mendukung Palestina itu telah melanggar garis kebijakan yang telah disepakati di dalam OKI.

Ihsanoglu juga menganggap negara-negara tersebut telah menodai semangat solidaritas Islam yang menjadi dasar didirikannya organisasi tersebut. Di lain pihak Ihsanoglu memuji negara-negara anggota OKI lainnya yang konsekuen memberikan dukungannya untuk Palestina di PBB.

Ihsanoglu menyebut dukungan negara anggota OKI kepada Palestina itu berhasil memberikan dampak besar terhadap posisi Palestina di dunia internasional.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    369 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.490 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    63 respon

Total Respon: 1.922
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft