okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 30 Mar 2013 10:32:07 GMT | By aulia, okezone.com

"Korut Masuki Masa Perang dengan Korsel"



"Korut Masuki Masa Perang dengan Korsel"

SEOUL - Korea Utara (Korut) mengumumkan, tepat pada hari ini mereka telah memasuki "periode perang" dengan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS). Pengumuman itu muncul setelah Korut menyuarakan ancaman serangan ke basis militer AS.

"Untuk saat ini, hubungan Korut dan Korsel sudah memasuki periode perang dan seluruh isu antara Korut dan Korsel akan segera diselesaikan," demikian pernyataan Pemerintah Korut, seperti dikutip KCNA, Sabtu (30/3/2013).

Menurut laporan KCNA, pernyataan itu diumumkan langsung oleh Pemerintah Korut, Partai Pekerja Korut, dan sejumlah instansi kenegaraan di negeri komunis Korea itu. Namun sejumlah pihak merasa, Korut tidak akan melancarkan serangan secara langsung ke Korsel maupun AS. Ancaman-ancaman serangan itu merupakan ancaman umum yang sudah biasa muncul di Semenanjung Korea.

Kedua negara Korea itu memang masih dalam kondisi perang karena tidak ada perjanjian damai yang mengikat usai Perang Korea 1950 berakhir. Korut pun sudah membatalkan eksistensi perjanjian gencatan senjata itu pada bulan ini, secara sepihak.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menegaskan, langkah Korut membatalkan perjanjian itu tidak sah karena mereka belum menerima persetujuan Korsel. Korsel pun enggan mengakui sikap Korut dan mengecam perilaku itu.

Selain membatalkan perjanjian gencatan senjata, Korut juga sudah memutuskan tiga jalur komunikasi dengan militer Korsel. Salah satu jalur komunikasi itu adalah jalur komunikasi Palang Merah Internasional yang dimanfaatkan untuk sarana komunikasi kedua negara itu.

Meski muncul ancaman dan pembatalan perjanjian gencatan senjata, aktivitas perdagangan Korut dan Korsel ternyata masih berlanjut. Negeri komunis itu masih membuka zona industri di perbatasan yang sering didatangi oleh para pekerja dari Korsel. Truk-truk milik warga Negeri Ginseng itu juga terlihat masih diparkir di dalam wilayah Korut.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.227 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.261 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    460 respon

Total Respon: 6.948
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft