okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 13 Mar 2013 10:15:15 GMT | By aulia, okezone.com

"Korut Kerahkan Misil Antar-Benua"



"Korut Kerahkan Misil Antar-Benua"

WASHINGTON - Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) James Clapper menduga, Korea Utara (Korut) mulai mengerahkan misil jarak jauh antar-benua. Clapper menyinggung tindakan serupa yang dilakukan Korut pada April 2012.

"Pada April lalu, negara itu mengerahkan misil balistik antar-benua. Kami yakin, Korut sudah melangkah lebih jauh untuk memberdayakan misil ini, meski mereka belum mengujinya," ujar Clapper di depan Senat AS, seperti dikutip Yonhap, Rabu (13/3/2013).

Menurut Clapper, misil jarak jauh Korut sudah dipamerkan sendiri oleh negeri komunis itu lewat parade militer tahun lalu. Hal itu menunjukan bahwa negeri komunis Korea tersebut memang sangat serius dalam pembangunan senjatanya.

Mantan jenderal angkatan udara itu pun mengutarakan kekhawatirannya mengenai pernyataan-pernyataan Pyongyang yang dinilai mengancam. Ancaman serangan Korut ke Korsel dan AS, serta pembatalan Perjanjian Gencatan Senjata 1953 akan semakin menegangkan Semenanjung Korea.

"Retorika yang diikat dengan propaganda itu menjadi indikator dari sikap mereka. Jadi, saya sangat khawatir mengenai apa yang mereka akan lakukan," paparnya.

Seperti diketahui, ancaman serangan nuklir Korut ke AS juga membuat Negeri Paman Sam itu makin kebingungan. Meski beberapa pengamat menilai, Korut belum sanggup melakukan hal itu, AS tetap merasa khawatir.

Meski demikian, AS tetap percaya diri bahwa mereka sanggup menangkal serangan nuklir Korut dan mempertahankan kedaulatannya. Sistem pertahanan misil AS juga dinilai mampu menghancurkan serangan misil Korut.

"Apa yang bisa saya katakan saat ini adalah, kami percaya diri bisa mengalahkan ancaman Korut. Namun melihat perkembangan yang saat ini terjadi, kami harus menentukan langkah apa yang kami akan kami ambil untuk hal itu," ujar pejabat militer AS Jenderal Robert Kehler.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.247 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    952 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    364 respon

Total Respon: 5.563
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft