okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 09 Dec 2012 10:22:59 GMT | By aulia, okezone.com

Korban Bencana Alam Jarah Toko



Korban Bencana Alam Jarah Toko

MANILA _ Korban Topan Bopha di Kota Cateel, Filipina, mulai kelaparan dan menjarah toko-toko yang ada di kota tersebut. Penjarahan itu terjadi karena bantuan dari pemerintah Filipina untuk para korban tidak kunjung datang.

Kota Cateel merupakan salah satu kota yang terkena terjangan Topan bopha. Bopha melewati wilayah selatan Filipina minggu lalu, menyebabkan setidaknya 500 orang tewas dan 200 ribu warga terpaksa mengungsi.

"Bantuan datang sangat terlambat, para warga kemudian menjarahi toko-toko yang ditemukannya untuk mencari makanan," ujar Cedric Daep, seorang petugas penanganan bencana pemerintah Filipina yang diturunkan ke Kota Cateel, seperti dikutip AFP, Minggu (9/12/2012).

Pemerintah Filipina melaporkan jumlah warga yang mengungsi di Kota Cateel dan dua kota tetangganya, Boston dan Banganga, mencapai 150 ribu orang. Pihak pemerintah juga menyatakan, hampir semua bangunan yang ada di ketiga kota itu mengalami kerusakan parah.

Kota Cateel sempat dilewati oleh pusat topan, membuat tingkat kehancuran di kota tersebut termasuk yang paling parah. Jalan dan jembatan di kota tersebut juga hancur membuat warga kota terperangkap dan tidak bisa menyelamatkan diri ke kota lain.

Daep mengatakan, warga tidak siap menghadapi bencana topan, terakhir kalinya Kota Cateel terkena terjangan topan terjadi pada tahun 1922. "Mereka sama sekali tidak mengerti tentang tindakan-tindakan penanganan bencana seperti pembangunan tenda, distribusi bantuan, dan rencana evakuasi," ujar petugas itu.

Daep juga mengkritik pemerintah lokal di Kota Cateel yang dianggapnya tidak berbuat apa-apa dan hanya menunggu bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat. "Mereka seharusnya melakukan sesuatu untuk membantu para pengungsi," imbuhnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    653 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.700 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    141 respon

Total Respon: 3.494
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft