okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 04 Jul 2013 11:47:51 GMT | By fnugraha, okezone.com

Kecaman Kudeta Morsi Dilontarkan oleh Barat



Kecaman Kudeta Morsi Dilontarkan oleh Barat

BRUSSEL - Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengecam kudeta yang dialami oleh Presiden Mesir Mohammad Morsi. Sementara Arab Saudi justru memuji langkah intervensi yang dilakukan oleh militer Mesir.

Kekuatan barat mendesak agar perubahan menuju demokrasi segera dilakukan, setelah kudeta berlangsung. Pihak militer diketahui saat ini menahan Morsi dan beberapa penasihatnya.

Menurut pihak militer tindakan mereka merupakan bentuk respons atas demonstrasi rakyat Mesir yang menuntut agar Morsi lengser. Tetapi barat merasa tidak nyaman dengan lengsernya pemimpin Mesir yang terpilih pertama kali secara demokratis. Terlebih lagi, Morsi baru menjabat sebagai presiden selama satu tahun.

Presiden Amerika Serikat (AS) sebelumnya mendesak agar Mesir melakukan pemilu yang memilih pemerintahan yang berasal dari sipil. Sementara Ashton mengecam pertumpahan darah yang terjadi dan mendesak perubahan cepat yang demokratis.

"Saya mendesak semua pihak untuk kembali ke proses demokratis, termasuk mengadakan pemilu parlemen dan presiden yang adil dan bebas. Ini termasuk pula menyetujui konstitusi yang baru," ujar Ashton, seperti dikutip AAP, Kamis (4/7/2013).

Ashton mengharapkan, transisi pemerintah yang diumumkan pemerintah baru bisa lebih didukung rakyat dan tidak melanggar HAM serta sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Kecaman juga saya keluarkan atas tindakan kekerasan yang terjadi dan mendesak pihak pasukan keamanan untuk berbuat sekuat tenaga melindungi rakyat Mesir," imbuhnya.

Tetapi apa yang terjadi Mesir justru didukung oleh Arab Saudi. Raja Abdullah memuji pihak militer yang melakukan intervensi sekaligus memberikan selamat kepada Presiden Interim Mesir Adli Mansour.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.304 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.286 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.057
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft