okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 08 Nov 2013 01:36:21 GMT | By fnugraha, okezone.com

Hindari Media, Menhan Australia Tolak Jelaskan Penyadapan



Hindari Media, Menhan Australia Tolak Jelaskan Penyadapan

JAKARTA _ Menteri Pertahanan Australia David Johnston mengunjungi Indonesia hari ini, Jumat 8 November 2013. Namun, Johnston terkesan menghindar dari media di tengah maraknya pemberitaan tentang aksi penyadapan Australia di Indonesia.

Usai kunjungan, Johnston tidak ikut melakukan konferensi pers bersama Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Johnston beralasan dia harus segera pulang karena ada agenda lain di Australia.

"Dia bilang besok ada acara di Australia. Dia juga batal ke Menko Polhukam," ujar Purnomo dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Purnomo mengaku isu penyadapan ikut dibahas dalam pertemuan. Purnomo meminta penjelasan tentang laporan aksi penyadapan Australia di Indonesia kepada Johnston.

"Menhan Australia menjawab isu (penyadapan) berada dalam tataran makro yang sedang dibahas antara menteri luar negeri di Bali," tutur Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan Brigjen Sisriadi.

Pemerintah Australia memang berhati-hati menanggapi pemberitaan tentang penyadapan yang dilakukannya di Indonesia. Pekan lalu, Duta Besar Australia Greg Moriarty juga bungkam ketika dipanggil Kementerian Luar Negeri terkait berita penyadapan.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa sebelumnya sempat menyuarakan ketidakpuasannya atas jawaban Australia mengenai penyadapan.

Bahkan Menlu Marty pada Kamis 7 November 2013 menegaskan, kerjasama intelijen antara kedua negara bisa dievaluasi ulang. Kerjasama itu meliputi bidang informasi dan intelijen, baik dengan Australia maupun AS.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.749 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.110 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    408 respon

Total Respon: 6.267
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft