okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2014, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 13 Mar 2014 08:33:40 GMT | By fnugraha, okezone.com

Harapan Terbuka Setelah Satelit Temukan Benda Diduga Puing MH370



Harapan Terbuka Setelah Satelit Temukan Benda Diduga Puing MH370

BEIJING - Penemuan benda yang diduga sebagai puing pesawat Malaysia Airlines, oleh satelit China, telah membuka harapan untuk menemukan pesawat yang hilang sejak Sabtu 8 Maret 2014 itu. Puing ditemukan tidak jauh dari lokasi pesawat dilaporkan hilang.

Ketiga objek itu diketahui berukuran 13x18 meter, 14x19 meter dan 24x22 meter. Satelit milik Badan Iptek dan Industri Nasional China sebenarnya telah ditemukan sejak Minggu 9 Maret 2014. Namun, karena sejumlah hal yang tidak bisa diungkapkan, pihak China baru mengungkapkan penemuan sekarang ini.

Penguakan dari pihak China bisa memberikan fokus baru bagi regu pencari. Sebelumnya, dikabarkan bahwa banyaknya informasi yang masuk membuat proses pencarian seperti berjalan tanpa arah.

Tetapi, ini bukan pertama kalinya tim pencari menemukan benda atau jejak tumpahan minyak yang diduga terkait dengan pesawat dengan nomor penerbangan MH370 tersebut. Sebelumnya ada laporan serupa, tetapi pada kenyataannya benda yang mereka temukan tidak terkait dengan penerbangan yang membawa 239 penumpang tersebut.

Sebanyak 12 negara turut terlibat dalam proses pencarian pesawat jenis Boeing 777-200ER tersebut. Namun hingga saat ini belum ada yang mengeluarkan laporan baru. Pihak Amerika Serikat (AS) pun menyatakan satelit mereka tidak menunjukkan ada petunjuk baru.

Sementara mantan Direktur Pelaksana National Transportation Safety Board (NTSB) Peter Goelz mengomentari penemuan benda diduga puing oleh satelit China. Penemuan tersebut seperti mementahkan dugaan pesawat memutar arah kembali ke Kuala Lumpur setelah lepas landas.

"Sudah seharusnya berada di tempat itu. Mereka harus segera mengirimkan kapal dan pesawat secapat mungkin ke lokasi (ditemukannya benda diduga puing)," jelas Goelz, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (13/3/2014).

Lokasi yang diutarakan oleh satelit China, sama dengan yang diutarakan oleh pekerja minyak asal Selandia Baru Jerome McKay. Dirinya sempat menggambarkan melihat pesawat dalam kondisi terbakar, tetapi masih dalam keadaan utuh selama 10-15 detik.

Menurut McKay, pesawat itu terbang dalam ketinggian yang jauh dari standar rutenya. Pesawat pun hilang setelah melintasi lautan.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.295 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.285 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.047
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft