okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 02 Jul 2012 03:13:41 GMT | By fnugraha, okezone.com

Banjir di India Tewaskan 79 Jiwa



Banjir di India Tewaskan 79 Jiwa

ASSAM - Setidaknya 79 warga dilaporkan tewas dan 2,2 juta lainnya terpaksa meninggalkan rumahnya untuk mengungsi, setelah hujan deras menyebabkan banjir di wilayah timur laut India. Pemerintah India mengkhawatirkan korban tewas akan bertambah.

Wilayah Assam yang berbatasan langsung dengan Bhutan dan Bangladesh, merupakan wilayah yang paling parah tertimpa bencana. Hujan yang datang tanpa henti, menyebabkan air Sungai Brahmaputra meluap. Banjir pun terjadi Provinsi Arunchal Pradesh dan Manipur.

"Hingga kini 79 warga tewas dalam insiden terpisah. Beberapa dari mereka tewas karena kecelakaan kapal yang tenggelam saat mereka berusaha melarikan diri dari banjir. Sementara ada dari korban yang tewas akibat longsor," ujar pemerintah setempat, seperti dikutip AFP, Senin (2/7/2012).

Pemerintah memperkirakan 2,2 juta warga kehilangan tempat tinggal mereka dengan sekira seribu rumah hancur dan lebih dari 500 ribu warga saat ini dalam tempat penampungan. "Kami membuka penampungan bagi warga yang kehilangan tempat tinggalnya. Sementara beberapa lainnya, terpaksa tinggal di tenda seadanya," tutur Menteri Kesehatan wilayah Assam, Himanta Biswa Sarma.

Banjir juga menyebabkan lebih dari 70 persen penghuni Taman Nasional Kaziranga keluar dari hutan. Hal ini cukup membahayakan, karena sebagian besar dari hewan dari taman nasional itu adalah hewan buas seperti harimau, badak bercula satu dan gajah liar.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.280 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.714 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.296
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft