okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 16 Nov 2012 10:36:13 GMT | By aulia, okezone.com

AS Dukung Israel Serang Gaza



AS Dukung Israel Serang Gaza

WASHINGTON - Gedung Putih mendukung upaya Israel yang menggelar serangan militer ke Gaza untuk menghabisi kelompok bersenjata Palestina. Menurut Deputi Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Ben Rhodes, serangan itu merupakan hak Israel untuk mempertahankan diri.

"Menurut pandangan kami, Israel berhak mempertahankan diri ketika warganya menghadapi ancaman serangan roket dari Gaza," ujar Rhodes, seperti dikutip The Associated Press, Jumat (16/11/2012).

Menurut laporan, Hamas menembakkan 200 misil dari Gaza dan menewaskan tiga orang warga Israel. Meski demikian, Israel justru menewaskan belasan warga Palestina dengan serangan udara. Eskalasi konflik itu berlangsung tepat setealh Presiden Barack Obama meraih priode keduanya di Gedung Putih.

Meki demikian, AS juga mengutarakan kekecewaannya atas munculnya korban berupa warga sipil dalam serangan Israel. Washington mendesak Negeri Yahudi agar melakukan apapun guna menghindari tewasnya warga sipil.

"Dan kami sangat menyesal dengan tewasnya warga sipil dari pihak Israel dan Palestina," imbuh Rhodes.

Pemerintah AS sudah mendiskusikan perang roket Israel dan Gaza bersama Mesir, Turki, dan sejumlah negara-negara Eropa lainnya. AS menilai, Hamas dan kelompok bersenjata lainnya di Gaza patut menghentikan serangan misilnya ke wilayah Israel.

Sejauh ini, Negeri Paman Sam tidak hanya mendukung Israel menggelar serangan udara ke Gaza. Bila Negeri Yahudi itu ingin menggelar operasi darat, mereka juga akan menerima restu dari AS.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.980 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.298 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    743 respon

Total Respon: 8.021
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft