okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 23 Mar 2012 11:10:20 GMT | By rani, okezone.com

5 Tewas, 17 Selamat dalam Ledakan Tambang Batu Bara



5 Tewas, 17 Selamat dalam Ledakan Tambang Batu Bara

BEIJING - Tim evakuasi dikabarkan berhasil menyelamatkan 17 pekerja tambang yang terperangkap selama lebih dari 48 jam di sebuah tambang batu bara di timur laut China setelah sebuah ledakan gas terjadi di tempat itu.

"Ledakan terjadi pada Kamis (22/3/2012) di sebuah tambang batu bara di Provinsi Liaoning, menewaskan lima pekerja dan melukai sebagian lainnya," ujar salah seorang pejabat setempat seperti dikutip AFP, Jumat (23/3/2012).

Tambang batu bara di China selama ini memang dikenal kerap mengalami insiden kecelakaan mematikan yang menewaskan para pekerja. Hal ini disinyalir akibat lemahnya sistem perlindungan yang tersedia serta minimnya peralatan keselamatan yang dimiliki oleh para pekerja.

Insiden ledakan di tambang batu bara China bukan baru kali ini terjadi. Sebelumnya pekan lalu kecelakaan di sebuah tambang batu bara dilaporkan menewaskan 13 orang. Pada Februari kecelakaan yang sama dilaporkan kembali terjadi dan menyebabkan 15 orang tewas.

Pertumbuhan ekonomi yang pesat di China telah menyebabkan meningkatnya permintaan energi termasuk permintaan akan batu bara. Terlebih China yang kini merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia diketahui sangat tergantung dengan keberadaan batu bara.

Menurut data terbaru yang dipublikasikan, jumlah korban tewas akibat kecelakaan di tambang batu bara mencapai 2.433 orang sejak 2010 lalu. Jumlah korban diperkirakan masih dapat meningkat karena sebagian kasus kematian para pekerja seringkali ditutupi oleh perusahaan untuk membatasi kerugian ekonomi dan menghindar dari hukuman.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.225 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.261 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    460 respon

Total Respon: 6.946
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft