okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 16 Jan 2012 19:28:14 GMT | By dhani, okezone.com

Kapal Nyaris Karam, Sang Kapten Ditahan



Kapal Nyaris Karam, Sang Kapten Ditahan

GIGLIO - Helikopter membawa regu penyelamat pada hari ini untuk mengevakuasi para korban dari insiden kecelakaan kapal pesiar Italia, Costa Concordia pada Jumat kemarin. Kapten kapal itupun ditahan dan diinterogasi oleh pihak kepolisian.

Lebih dari empat ribu penumpang dievakuasi dari Kapal Costa Concordia yang kandas di dekat Pulau Giglio. Kapal tersebut bahkan terancam akan karam.

Kapten Kapal Costa Concordia Francesco Schettino ditahan di kantor polisi yang terletak di Porto Santo Stefano, dirinya bahkan terancam dakwaan pembunuhan yang tidak disengaja karena mengabaikan keselamatan para penumpang.

Menurut Jaksa Francesco Verusio, Kapal Concordia salah arah ketika mendekati Pulau Giglio. Seorang saksi mata bahkan menuding, Schettino mengabaikan kapal itu sebelum kapal itu kandas, karena menabrak batu karang.

Beberapa laporan juga menyebutkan, pada saat kecelakaan terjadi Kapten Schettino sedang makan malam bersama para penumpang.

"Perairan ini aman, begitu pula kondisi air. Kapal kami menghantam hamparan batu karang yang tidak terdata dalam navigasi," ujar Shettino, seperti dikutip Daily Mail, Minggu (15/1/2012).

Pada pagi dini hari ini, posisi kapal Concordia sudah sangat miring bahkan jauh lebih miring 80 derajad dari hari Sabtu kemarin dan nyaris tenggelam.

Seorang penyelam bahkan mengatakan, terdapat beberapa kerusakan di kapal itu ketika dirinya menyelidiki bagian bawah kapal.

Para korban yang sudah dievakuasi oleh regu penyelamat langsung ditempatkan di sekolah, hotel, dan gereja yang terletak di Pulau Giglio. Walikota Giglio Sergio Ortelli juga menyerukan warga agar menampung para korban kecelakaan kapal pesiar itu.

Kecelakaan maut itu terjadi ketika para penumpang sedang makan malam. Pada saat itu, ribuan penumpang Kapal Costa Concordia tampak histeris, beberapa dari mereka yang mengatakan, nasibnya akan berakhir seperti penumpang kapal Titanic.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.252 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.270 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    462 respon

Total Respon: 6.984
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft