okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 07 Jan 2012 12:50:52 GMT | By fnugraha, okezone.com

Gunung Api Etna Meletus di Italia



Gunung Api Etna Meletus di Italia

ROMA - Gunung berapi tertinggi di Eropa dikabarkan meletus. Letusan tersebut memicu debu vulkanik yang dilontarkan ke udara.

Gunung Etna yang berada di Pulau Sisilia, Italia memang dikenal masih sangat aktif. Gunung ini terus memuntahkan laharnya sejak Rabu 3 Januari lalu. Demikian diberitakan Sky News, Sabtu (7/1/2012).

Pada letusan terbaru, debu vulknik yang keluar dari perut gunung, dikabarkan mencapai ketinggian lima ribu meter. Kondisi ini menimbulkan ancaman bahaya warga Catania yang berada tidak jauh dari gunung itu.

Tidak kurang, letusan yang terjadi dari gunung setinggi 3.925 meter dari permukaan laut tersebut, acapkali memaksa penutupan dari Bandara Catania. Tetapi, pada letusan kali ini tidak ada jadwal penerbangan yang dibatalkan.

Para peneliti pun terus mewaspadai aktifitas dari gunung ini. Lahar tampak terus keluar dari sisi tenggara puncak gunung. Muntahan lahar dikabarkan menuju wilayah Valle del Bove yang sudah tidak berpenghuni.

Gunung ini memang terus aktif, November lalu Gunung Etna kembali meletus dan memaksa dikeluarkannya peringatan di sekitar wilayah gunung.

Letusan paling parah dari gunung ini terjadi pada 11 Maret 1669. Saat itu letusan memuntahkan lahar yang menghancurkan 10 desa di sebelah selatan sisi gunung. Lahar juga menyentuh kota Catania pada 15 April.

Lahar dari letusan sempat dialihkan lewat tembok penahan dan mengarahkan lahar menuju laut. Tetapi salah satu tembok jebol saat itu, dan membanjiri kota dengan lahar. Akibatnya sekira 20 ribu warga dilaporkan tewas akibat kejadian tersebut.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.279 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.703 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.284
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft