okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 02 Jan 2012 11:11:24 GMT | By rani, okezone.com

Satelit Militer Turki Ancam Israel



Satelit Militer Turki Ancam Israel

ANKARA - Militer Israel tampaknya akan mengalami ancaman baru seiring dengan peningkatan kapabilitas dari satelit militer Turki. Satelit ini sanggup untuk mengawasi seluruh instalasi militer dan wilayah Israel.

Turki menyelesaikan pembangunan dari satelit militernya dan berniat untuk meluncurkan satelit pada dua tahun ke depan. Satelit Gokturk sanggup untuk memotret apapun yang ada di Tel Aviv, yang tentunya sangat dijaga kerahasiaannya oleh Israel.

"Turki dapat saja memotret instalasi rahasia Israel dan menjualnya ke beberapa negara yang merupakan musuh Israel," ujar seorang peneliti dari Jane's Defence Weekly, Mohammed Najib, seperti dikutip Russia Today, Senin (2/1/2012).

Keberadaan satelit itu diperkirakan akan semakin memperburuk hubungan Turki dan Israel yang saat ini masih mengalami ketegangan. Turki juga masih berang dengan Israel terkait peristiwa penyerangan kapal relawan Turki pada 2010 lalu.

"Turki mencoba untuk menghalau Israel dalam berhubungan dengan negara-negara Timur Tengah. Turki juga ingin mengatakan, Mediterania Timur bukan merupakan lahan bermain bagi Israel, banyak negara yang berkepentingan di wilayah itu dan seluruh negara harus mematuhi hukum internasional," ujar seorang peneliti Nimrod Goren.

Kawasan Mediterania memang terkenal dengan kekayaan migasnya, banyak negara-negara yang ingin mengeksploitasi kekayaan alam di wilayah tersebut. Turki bahkan sempat terganggu dengan kehadiran Angkatan Udara Israel di perairan itu.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.314 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.289 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.070
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft