okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 31 Dec 2011 18:47:31 GMT | By rani, okezone.com

Tutup Latihan Perang, Iran Siap Jajal Misilnya



Tutup Latihan Perang, Iran Siap Jajal Misilnya

TEHERAN - Puncak dari latihan militer 10 hari Iran adalah menguji coba misil jarak jauhnya yang konon kabarnya sanggup menjangkau basis militer Amerika Serikat (AS). AS pun mulai khawatir dengan misil jarak jauh tersebut.

"Hari ini, Iran akan menguji coba beberapa misilnya, termasuk misil jarak jauh di Teluk Persia," ujar pejabat militer Iran Mahmoud Mousavi, seperti dikutip Reuters, Sabtu (31/12/2011).

Mousavi juga menambahkan, penembakan misil jarak jauh itu akan menjadi puncak dari latihan militer 10 hari yang digelar oleh Negeri Persia itu.

Salah satu misil jarak jauh Iran adalah Shabab-3 yang dapat menjangkau target sejauh 2 ribu kilometer. Misil itu juga sanggup menggempur basis militer AS dan Israel di Timur Tengah.

AS pun sudah menyatakan kekhawatirannya terhadap misil Shabab-3 dan misil Ghadr-1. Seiring dengan adanya uji coba itu, Angkatan Laut (AL) AS juga akan melintasi perairan itu untuk menuju Laut Arab.

Armada tempur AS yang melintas di perairan itu adalah kapal induk USS John C. Stennis. AS juga membawa beberapa kapal tempur lainnya yang dilengkapi dengan senjata anti-misil dan anti-torpedo. Menurut AS, patroli ALnya adalah operasi rutin.

Ketegangan hubungan AS dan Iran kian meningkat setelah adanya ancaman penutupan Selat Hormuz yang dilontarkan oleh Iran. Penutupan wilayah perairan itu hanya akan menggangu perekonomian dunia, karena Selat Hormuz adalah jalur distribusi migas dunia.

Ancaman penutupan Selat Hormuz juga muncul setelah muncul ancaman dari Barat yang hendak mengembargo minyak Iran. Menurut seorang pengamat, ancaman itu sengaja dilakukan Iran karena embargo minyak akan melumpuhkan perekonomian Iran.

AS yang masih bersitegang dengan Iran juga kerap mempersenjatai negara tetangga Iran, Arab Saudi dengan sebuah pesawat tempur.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    793 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.379 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.348
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft